by

1.269 Warga Desa Hative Besar Terima Bansos

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Hative Besar, Kecamatan Baguala, Kota Ambon secara bertahap telah membagikan bantuan sosial (bansos) kepada 1.269 penerima untuk penanganan dampak covid-19.

Novie Laisatamu, Pejabat Desa Hative Besar mengatakan, untuk penyaluran bansos sampai saat ini sudah memasuki tahap dua.

“Untuk kegiatan penyaluran Bansos berupa BST sudah sampai bulan ke-2, BLT dana desa tahap satu juga sudah sampai bulan ke-2. Sementara BLT tahap dua masih diproses penyaluran ke rekening masing-masing penerima bantuan. Sedangkan BST tiap bulan diterima oleh penerima PKH dan BPNT,” jelas Novie.

Dijelaskan, jumlah 1.269 penerima saat ini, merupakan total penerima secara keseluruhan bantuan sosial. Ada persyaratan untuk bisa menerima bantuan sosial. Jika kedapatan tidak memenuhi syarat, maka bantuan akan dicabut dari penerima. Bantuan sosial tahun ini antara lain, yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Saat ini warga yang sudah menerima bantuan berjumlah 1.269 penerima. Jumlah tersebut merupakan jumlah penerima keseluruhan bantuan sosial,” katanya.

Dikatakan, persyaratan pun berlaku bagi penerima Bansos. Hal ini dilakukan agar bantuan bisa merata dan menyeluruh di terima oleh masyarakat. “Pertama untuk bansos ini, kategori keluarga miskin baru yang karena covid-19 hingga kehilangan pekerjaan, termasuk dalam pekerjaan non formal atau tidak memiliki pekerjaan tetap. Total Kepala Keluarga (KK) yang sudah terealisasi itu ada 1.269, sementara untuk KK yang masih menunggu proses pembuatan buku rekening bank itu sebanyak 201 KK. Jadi jumlah penerima Bansos dari Desa Hative Besar itu sekitar 1.470,” terangnya. (KJH)

Comment