by

10 Juta Dipotong Tangani Corona di Desa

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon telah menerapkan kebijakan baru terhadap pemotongan Rp 10 juta untuk penanganan Covid-19 di setiap desa. Pemotongan dilakukan bagi setiap desa/negeri di kota Ambon yang mendapatkan kucuran dana desa dari Pemerintah Pusat.

Pemotongan ini sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat terhadap proses penanganan Covid-19 untuk 30 desa/negeri di kota Ambon.

Plh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz menjelaskan, setiap dana desa telah Rp 10 juta untuk kebijakan penanganan tersebut.

“Kalau untuk yang pemotongan bantuan penanganan covid 19 di desa, itu kecil saja hanya 10 juta per desa,” ungkap Gasperz, saat dihubungi koran ini, Sabtu (2/5).

Menurutnya, saat ini pihaknya telah mentransfer dana desa ke rekening desa sesuai dengan nominal yang telah dipotong tersebut. Akan tetapi, ada beberapa desa yang sebelumnya telah di transfer tahap I sebelum adanya kebijakam dimaksud. Sehingga untuk tahap selanjutnya akan disesuaikan dengan nominal yang seharusnya.

“Karena itu yang transfer ini sudah menyesuaikan, kalau yang sudah mendahului transfernya nanti disesuaikan untuk tahap berikutnya,” ujar dia.

Dengan adanya pemotongan dan untuk menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Pusat, Ia mengaku harus ada peraturan walikota (Perwali) untuk mengatur terkait pemotongan tersebut. Terutama untuk rincian dana desa yang ditransfer.

Agar dapat memberikan kepastian kepada desa terkait apa yang dilakukan Pemerintah Kota, sesuai kebijakan Pemerintah Pusat.

“Dan itu otomatis menyesuaikan dengan angka yang ada. Jadi dibuat perwali ulang tentang pembagian rincian,” tambahnya.

Disebutkan, untuk 30 desa/negeri yang ada di kota Ambon, saat ini dana desa tahap I belum diberikan kepada Desa Naku. Sehingga diharapkan desa Naku segera dicairkan untuk kebutuhan masyarakat di desa. “Itu kurang Naku, saja yang belum,” pungkasnya. (DHT)

Comment