by

2 Staf Iwan Bule Jadi Komisaris PT LIB

Jakarta, BKA- Leo Siegers dan Andogo Wiradi yang merupakan staf khusus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan terpilih sebagai komisaris di PT Liga Indonesia Baru (LIB). Keduanya menggantikan posisi Hasani Abdulgani serta Hakim Putratama yang resign.

Leo dan Andogo terpilih sebagai komisaris baru saat LIB menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa. Tepatnya pada 13 Juni 2020.
Dua nama tersebut, kata Direktur Operasional LIB, Sudjarno tak masuk secara tiba-tiba. Sebab, keduanya lebih dulu menjalani proses seleksi yang dilakukan PSSI.

“Kami di PT LIB ini hanya diberikan mandat untuk menyelenggarakan RUPS. Hasil dari seleksi internal PSSI diajukan dan dibawa ke RUPS PT LIB,” ujar Sudjarno.

Selain komisaris, RUPS Luar Biasa yang dilakukan LIB juga memilih direktur utama (dirut) dan komisaris utama (komut). Posisi dirut kini ditempati oleh Akhmad Hadian Lukita, sementara kursi komut diduduki Juni Rahman.

Lebih lanjut, Sudjarno menegaskan bahwa PSSI memiliki keistimewaan di LIB walaupun hanya memegang saham satu persen. Sebab, federasi punya saham golden share, sehingga punya hak veto untuk mengambil kebijakan.

“PSSI selaku pemegang saham Kelas A, mereka berhak untuk mengajukan calon direksi dan calon komisaris. Sesuai dengan Pasal 5 Anggaran Dasar Perseroan Terbatas, PSSI berhak dengan hal tersebut sesuai mekanisme seleksi mereka,” tuturnya.

“PT LIB bukan kapasitas dalam mencari calon. Yang mencari calon itu PSSI dengan teknik mereka secara internal, seleksi internal, dan didapat hasil calon-calon yang ada di RUPS,” imbuh Sudjarno. (INT)

Comment