by

2021 Pemprov Akan Bangun Jembatan Nalbesi Bursel

Ambon, BKA- Pemerintah Provinsi Maluku berencana untuk membangun jembatan Sungai Nalbessy, Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan (Bursel), sebagai hadiah HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI bagi masyarakat disana.

Sebelumnya, rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Desa Neatliang-Leksula akan dilakukan pada 2019 lalu. Namun berhubung pandemi Covid-19, pembangunannya baru akan dikerjakan ditahun 2021.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Anos Yeremias, yang dihubungi via selulernya, Senin (17/8), mengatakan, rencana pembangunan jembatan dengan bentangan 60 meter itu sudah dibahas di Dinas PUPR Provinsi Maluku, untuk dibangun pada 2021 mendatang dengan menggunakan APBD Provinsi Maluku.

“Jadi begini, jembatan di sungai itu, kita tidak bisa serta merta langsung bangun, karena anggaran dialihkan semua tangani Covid-19. Tetapi perancanaanya itu sudah dibuat dengan bentangan 60 meter dan tahun depan jembatannya sudah dibangun,” jelas Yeremias.

Kepastian pembangunan, kata Yeremias, sudah dibicarakan antara Komisi III DPRD Maluku dengan Dinas PUPR Provinsi Maluku. “Saya tahu lokasi itu, karena saya pernah kesana. Jadi masyarakat disana tidak perlu khawatir, karena tahun depan sudah dibangun lewat APBD 2021. Namun berapa besar alokasi anggarannya, kami dan mitra sementara menghitung,” akuinya.

Terpisah, Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulisa, yang dihubungi via seluler, mengaku, kalau pembangunan jembatan itu menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku. Bukan pemerintah kabupaten.

“Kalau jembatan itu masuk dalam poros provinsi. Sehingga pembangunannya akan dibangun lewat APBD provinsi. Jembatan itu menghubungkan dari Namrole-Leksula, yang menghubungkan desa Neatliang-Leksula,” ujarnya.

Sebelumnya, untuk melintasi kedua desa tersebut, warga terpaksa harus bergantungan dengan menggunakan tali. Meskipun dengan penuh resiko derasnya aliran sungai Nalbesi, warga tetap menyeberangi sungai tersebut tanpa ada rasa takut, lantaran sudah menjadi kebiasaan beraktifitas sehari-hari.(RHM)

Comment