by

221.339 Pelanggan PLN MMU Kembali Nikmati Listrik Gratis

Ambon, BKA- Sebanyak 221.339 pelanggan PLN Wilayah Maluku dan Maluku Utara dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, kembali mendapatkan bantuan keringan biaya listrik, setelah Pemerintah memutuskan memperpanjang bantuan stimulus Covid-19 itu selama tiga bulan kedepan.

Sebelumnya, pemerintah telah merealisasikan kebijakan itu pada April, Mei dan Juni. Tapi kini kembali diperpanjang, terhitung pada Juli hingga September 2020.

Assistant Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah Maluku-Maluku Utara (UIW-MMU), Darry Giovanno, mengatakan, selain Daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, pemerintah juga memberikan bantuan stimulus kepada industri dan bisnis khusus daya 450 VA.

Untuk stimulus Bisnis dan Industri ini masih akan berlangsung hingga Oktober mendatang. “Jadi ada tiga stimulus yang diberikan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat saat pandemi Virus Coroan ini,” ujar Giovanno, kepada wartawan, Kamis, (2/7).

Khusus Maluku, jumlah pelanggan yang menikmati bantuan pemerintah itu sebanyak 140.653 pelanggan.

Diakui, jumlah pelanggan PLN penerima bantuan ini dibandingkan tiga bulan pertama, mengalami peningkatan. Namun tidak signifikan.

“PLN hanyalah operator menerima data sesuai basis data terpadu untuk para pelanggan, jadi kalau misalnya data berubah berubah itu wajar, karena selalu ada perkembangan dari jumlah pelanggan, “akuinya.

Perubahan itu, jelas Giovanno, terjadi ketika adanya keluhan pelanggan yang merasa berhak menerima bantuan itu, tapi tidak terdata. Sehingga mereka kemudian membuat laporan sesuai alur mekanismenya. Selanjutnya oleh pemerintah dilakukan survei dan hasil survei itu untuk menentukan pelanggan itu berhak atau tidak mendapatkan keringanan ini. Kalau ditetapkan berhak, maka yang bersangkutan akan menerima bantuan itu.

Data yang digunakan ini adalah data per bulan Mei untuk tagihan rekening bulan Juni. Sementara data bulan Juli baru akan diketahui setelah akhir dari bulan ini. “Bahkan Bulan April ke Mei itu tidak berubah. Yang berubah itu, bulan Maret. Tapi tidak terlalu banyak,” tambah Giovanno.

Dijelaskan, karena bantuan stimulus ini sifatnya hanya diperpanjang, maka tidak ada prosedur lain. Para pelanggan PLN masih bisa mengakses seperti biasa lewat Website PLN atau WhatsApp PLN kalau untuk mendapatkan token listrik.

” Jadi yang berubah itu hanya perpanjangan. Tapi sistem dan mekanismenya tetap tidak berubah,” tutup Giovanno.(RHM)

Comment