by

4.077 Mahasiswa Indekos dari Luar Ambon, Dapat Sembako

Ambon, BKA- Sebanyak 4.077 paket berisi sembilan bahan pokok (Sembako) disalurkan Pemerintah Kota Ambon bagi mahasiswa indekos yang berasal dari luar pulau Ambon.

Pembagian ribuan paket sembako ini dilakukan secara bertahap pada enam kampus yang tersebar di kota Ambon. Diantaranya, Universitas Pattimura (UNpatti) sebanyak 3.223 paket sembako, UKIM 278 paket, IAIN 162 paket, IAKN 201 paket, STIA Alaska 61 paket, Darusalam (Wara) 152 paket. SEhingga totalnya paket yang nanti dibagikan berjumlah 4.077 paket sembako.

Pembagian paket sembako pertama telah dilakukan, yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon A. G. Latuheru di Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) sebanyak 278 paket sembako, di aula kampus tersebut, Kamis (30/4).

Dalam kesempatan itu, Latuheru mengatakan, pembagian sembako ini menyasar seluruh mahasiswa asal luar pulau Ambon yang sedang menempuh pendidikan diberbagai universitas yang tersebar di Kota Ambon. Yang dalam pandemi ini, mereka tidak memiliki kesempatan untuk pulang ke daerah asal lantaran adanya pembatasan angkutan berlayar yang diterapkan Pemerintah Provinsi Maluku.

Paket bantuan ini berisi makanan siap saji. Yang terdiri dari beras 5 kg, ikan kaleng, minuman siap seduh, serta lainnya.

Bantuan ini setidaknya dapat membantu para mahasiswa tersebut tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Dan ini sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota kepada mahasiswa yang berasal dari luar pulau Ambon
“Bantuan ini bentuk perhatian pemerintah kepada mahasiswa. Setidaknya walaupun sedikit diharapkan bisa membantu mereka di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Dijelaskan pembagian sembako sendiri akan berlangsung mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 2020 besok. Dan untuk tahap pertama, pembagian akan berlangsung pada lima kampus di Kota Ambon dengan jumlah 854 paket sembako.

“Untuk hari ini (kemarin) ada lima kampus dengan total paket sembako yang dibagikan sebanyak 854 paket,” tuturnya.

Salah satu mahasiswa UKIM, yang menerima paket sembako tersebut mengaku senang karena mendapatkan bantuan sembako gratis dari pemerintah.

Diakuinya, dengan bantuan sembako dimaksud, setidaknya dapat mengurangi beban para mahasiswa yang berasal dari luar pulau Ambon dan jauh dari orang tua. Sehingga bantuan tersebut dapat memenuhi kebutuhan makan untuk beberapa hari kedepan.

“Saya dan pasti teman-teman lainnya yang menerima sembako ini merasa senang. Karena ini dapat membantu kami sebagai mahasiswa kos-kosan yang hidup jauh dari orang tua. Dan ini untuk kebutuhan makan kami selama beberapa hari kedepan,” pungkasnya. (DHT)

Comment