by

51 ASN Pemkot Ditetapkan Positif

Ambon, BKA- Dari total 386 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon yang mengikuti pengambilan swab test, baru 215 pegawai yang hasilnya telah keluar. Dari jumlah tersebut, 51 pegawai telah ditetapkan positif Covid-19.

Walikota Ambon, Ricard Lohanapessy menyebutkan, dari ratusan ASN tersebut, baru 215 pegawai yang hasil swabnya telah keluar. Sementara yang belum keluar tersisa 171 pegawai.

“Dari 215 itu, ASN Pemerintah Kota yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 51 orang. Dari 51 orang termasuk dua pejabat eselon II lingkup Pemerintah Kota Ambon. Sedangkan hasil swab yang dinyatakan negatif ada 184 pegawai,” ungkap Louhenapessy, dalam konferensi pers di ruang ULA Balai Kota, Senin (24/8).

Walikota dua periode ini mengaku, pihaknya sementara menunggu hasil swab dari 171 pegawai lainnya.

“Saya berharap sekecil mungkin lah hasil yang terkonfirmasi dari hasil swab ASN yang belum keluar ini. Kami tidak tutup soal data ASN yang terkonfirmasi positif. Kami realita. Karena kita harus jadi contoh ke masyarakat,” pungkasnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette menambahkan, dari jumlah 215 pegawai yang hasil swabnya telah keluar, ada 3 pegawai Dishub yang juga dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

Menurut dia, tiga pegawainya itu merupakan petugas lapangan yang sering bersentuhan langsung dengan masyarakat dala pelayanan publik.

Dan ketiganya saat ini sementara berada kondisi baik dan sedang menjalani isolasi di hotel Everbright Ambon.

“Dari yang ikut swab, tiga yang terkonfirmasi positif. Jumlah total pegawai Dishub sebanyak 118. Tetapi, dikisarkan sebanyak 60 hingga 70 ditugaskan di lapangan bukan di Kantor,” sebut Robby.

Dikatakan, dari seluruh pegawai Dishub, hanya pegawai di lapangan yang wajib melakukan pengambilan swab. Karena sabang harus selalu melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Sambung dia, untuk pegawai Dishub yang di lapangan yang belum melakukan swab, akan diberikan jadwal berikutnya oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon.

“Kita sudah koordinasikan dengan Dinkes untuk jadwal pegawai Dishub yang belum diambil swab. Kemungkinan, dijadwalkan hari Rabu (besok) swab lanjutan. Kita akan bagi dalam dua tahap, ” pungkasnya.(BKA-1)

Comment