by

576 Warga Kelurahan Rijali Terima Bansos

Ambon, BKA- Sebanyak 576 warga menjadi penerima bantuan sosial (bansos) di Kelurahan Rijali. Pemerintah Kelurahan Rijali mengakui bansos untuk warga sudah merata dan memadai.

Kepala Kelurahan Rijali, Kecamatab Sirimau, Kota Ambon, Dewi S mengakui ada bansos dari pusat dan ada bansos dari daerah. Bansos dari pusat berupa PKH, BST, dan BPNT, sedangkan bansos dari daerah berupa paket sembako yang diberikan tiap bulan pasca terjadi pandemi covid-19.

Dewi juga mengklaim bahwa pembagian bansos diwilayah kerjanya, sudah memadai sesuai dengan prosedur yang ada. Setiap bantuan dari pemerintah pusat yang ada langsung masuk ke rekening penerima, sehingga bisa langsung diambil di Bank atau Kantor Pos. Untuk bantuan daerah yang berupa sembako biasanya dibagi langsung kepada warga di Kantor Kelurahan.

“Kalau bansos itu semua juga sudah tahu ada yang dari pusat dan ada yang dari daerah. Dari pusat itu bansos berupa PKH, BST dan BPNT yang langsusng di berikan dari pusat kepada warga. Bansos dari pusat itu biasanya ditransfer langsung ke rekening penerima. Beda lagi kalau untuk bantuan dari daerah. Karena berupa paket sembako jadi bisa diambil warga secara langsung. Di dalam paket sembako itu ada beras dan bahan pangan lainnya. ” akuinya.

Dia juga mengakuia, untuk bantuan dari daerah (pemeirntah kota) bagi warga Kelurahan Rijali sudah tercover dengan baik, mungkin hanya ada beberapa tambahan data yang terlewatkan. Ia juga menambahkan bahwa belum ada pengaduan dari warga tentang bantuan sosial sejauh ini. Jika ada kesalahan dari pembagian bansos, maka ia menilai bahwa warga sudah cukup cerdas dan mengerti untuk bisa melaporkan ke dinas terkait. Tahapan bansos sendiri sudah dimulai sejak bulan April dan sudah terbagi hingga Juni selesai.

” Bansos untuk Kelurahan Rijali semua sudah tercover, mungkin ada beberapa tambahan data warga yang baru di masukan RT. Untuk penerima sendiri berjumlah 576 keluarga yang menerima bansos. Sampai saat ini belum ada keluhan masyarakat mengenai bantuan yang ada. Jika ada kesalahan dalam pembagian, saya rasa warga sudah cukup cerdas dan mengerti untuk bagaimana bisa diadukan di pihak terkait. Jadi kami lurah hanya membagikan bantuan sesuai dengan data yang di berikan RT, jika ada kesalahan di RT warga bisa langsung melapor ke pihak kelurahan. (MG-1)

Comment