by

Opini WTP Pemkot Diapresiasi DPRD

Ambon, BKA- Opini wajar tanpa pengecualian (WTP) yang diraih Pemerintah Kota tiga kali beruntun, diapresiasi oleh DPRD Kota Ambon. WTP yang diberikan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Maluku atas laporan keuangan pemerintah daerah ini, diharapkan dapat terus dipertahankan.

Sebelumnya, perolehan opini WTP tersebut disampaikan BPK Perwakilan Maluku kepada Pemerintah Kota Ambon secara virtual, saat menyampaikan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan Pemerintah Kota Ambon tahun 2019, di Balai Kota Senin (13/7) kemarin.
Atas prestasi tersebut, DPRD selaku mitra pemerintah, turut memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Ambon atas pencapaian tiga kali WTP tersebut. Bagi DPRD, penilaian BPK merupakan wujud kerja keras Pemerintah Kota bersama semua pihak, termasuk DPRD dalam pengelolaan keuangan.

“Semoga capaian ini dapat mendorong pemerintah kota, terutama kepemimpinan walikota dan wakil walikota disisa dua tahun belakangan ini. Dan terus mengelola keuangan daerah lebih optimal untuk kepentingan masyarakat di kota Ambon tercinta. Prestasi itu bukan akhir segalanya, tapi jadi bonus sekaligus motivasi bagi pemerintah,” tandas Latupono, saat dikonfirmasi Rabu (14/7).

Dikatakan, prestasi tersebut harus tetap dipertahankan agar di tahun-tahun berikutnya, opini WTP tetap diperoleh pemerintah kota.
“Kita harap, opini WTP ini tetap dipertahankan. Sehingga di tahun-tahun berikutnya Ambon tetap WTP dari sisi laporan keuangan pemerintah kota,” harap Politisi Gerindra ini.

Senada disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Morits Tamaela. Dikatakan, raihan opini WTP ketiga kalinya ini menunjukkan sistem pengelolaan pemerintahan semakin baik.

“Harapannya, opini WTP menjadi motivasi bagi pemerintah untuk terus berinovasi baik dalam sistem pemerintahan maupun layanan publik. Maka integrasi antara anggaran berbasis dengan kepuasan pelayanan publik berjalan secara optimal,” sebutnya.

Politisi Nasdem ini menilai, dengan prestasi tersebut menunjukan pengelolaan asset dan keuangan pemerintah kota dibawah kepemimpinan Richard Louhenapessy dan Syarif Hadler selaku walikota dan wakil walikota, semakin baik.

“Kita berharap spirit ini bisa dipertahankan agar bagaimana menciptkan clean dan good government untuk kesejahteraan masyarakat kota Ambon,” ucapnya.

Tamaela juga mengusulkan, agar prestasi yang diperoleh ini dapat diterapkan sampai ke tingkat desa maupun kelurahan, agar ada ruang bagi pemerintah kota untuk menilai kinerja dan memberikan reward bagi pemerintah desa/negeri maupun kelurahan yang ada.

“Kalau bisa hal itu juga diterapkan ditingkat desa/negeri, supaya ada ruang Pemkot menilai kinerja dan memberi reward bagi pemerintah desa. Karena sama-sama mengelola anggaran negara,” saran dia. (UPE)

Comment