by

8 Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

Pemkot Apresiasi Tim Medis

Ambon, BKA- Dari total 11 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Ambon, 8 pasien telah dinyatakan sembuh dan 3 pasien lainnya masih dalam perawatan. Sementara untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 5 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 38 orang.

Ini ditegaskan Ketua Tim Gugus Tugas (Gustus) Covid-19 Kota Ambon, Syarif Hadler, dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Posko Gustu Covid-19 Kota Ambon, Rabu (22/4).

Menurutnya, sejak kota Ambon ditetapkan sebagai daerah tanggap darurat non alam akibat ditemukan pasien 01 terkonfirmasi positif, tim medis selalu bekerja keras tanpa pamrih. Yang terus berusaha melakukan tracking (pelacakan) terhadap orang yang melakukan kontak langsung dengan para pasien yang terkonfirmasi.

“Kita berikan apresiasi kepada dinas kesehatan bersama jajarannya di lapangan yang telah bekerja keras tanpa pamrih. Dan tanpa mengenal siang dan malam, demi memutus mata rantai Covid-19 di kota Ambon,” tandas Hadler.

Dijelaskan, pasca pasien 01 bersama teman-temannya dinyatakan negative, maka muncul pasien 02 hingga pasien 011. Dan setelah dilakukan tracking (pelacakan) terhadap seluruh orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan para pasien terkonfirmasi itu, ditemukan sebanyak 522 orang.

Dari 522 orang itu, yang beresiko tinggi sebanyak 157 orang, beresiko rendah 193 orang dan tidak ada hubungan sebanyak 172 orang. Kemudian dilakukan rapid test, dan hasilnya ditemukan 6 positif sesuai rapid test dan 159 orang negatif. Namun ditindaklanjuti dengan hasil tes swab, ditemukan 5 orang terkonfirmasi positif Covid-19, sementara lainnya nihil.

“Data terkahir hingga hari ini (kemarin), untuk total 11 pasien positif Covid-19 ini, ODP berjumlah 38 orang, sedangkan PDP 5 orang. Dan dari 11 yang terkonfirmasi itu, 8 telah sembuh dan sudah kembali ke rumah masing-masing. Sementara tiga pasien lainnya masih dalam perawatan,” terang Hadler.

Politisi PPP ini menilai, dari total pasien yang terus membaik, belum tentu kedepan Kota Ambon dinyatakan bebas dari penyebaran Covid-19. Pasalnya, masih ada yang belum terlacak dan masih berkeliaran.

Sehingga masyarakat harus patuh terhadap seluruh anjuran pemerintah, salah satunya tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan penting ada mendesak.

“Kita berdoa agar tiga pasien bisa sembuh, sehingga kota Ambon untuk 11 pasien dinyatakan sembuh. Tapi bukan secara otomatis putus mata rantai Covid-19, karena masih ada sekian banyak orang dari hasil tracking masih berkeliaran. Maka itu kita anjurkan agar tetap di rumah, dan jika keluar rumah selalu gunakan masker,” sarannya.

Ia juga membeberkan, dari pasien 011 yang dilakukan tracking oleh tim medis di lapangan, ditemukan sebanyak 103 orang. Yakni dari jumlah tersebut, beresiko tinggi 35 orang, beresiko rendah 25 orang dan tidak ada hubungan 43 orang.

Dan ketika dilakukan rapid test, ditemukan 4 orang yang positif sesuai hasil rapid test. Sementara 22 orang negatif. Akan tetapi, pihaknya masih menunggu hasil swab dari pusat.

“Dari jumlah itu ketika dilakukan rapid test ata hasil Rdt, yang positif itu 4 orang dan negatif 22 orang. Untuk hasil swab sementara dalam proses. Semoga 4 orang positif sesuai hasil Rdt itu, hasilnya swabnya negatif,” tutup Hadler. (UPE)

Comment