by

Ada yang Tidak Beres Di LPMP

Ambon, BKA- Berbagai aksi yang dilakukan oleh pasien Covid-19 yang dikarantina di Balai LPMP Maluku, bahkan hingga aksi pembakaran tenda, beberapa waktu lalu, mengundang kecurigaan Anggota DPRD Provinsi Maluku.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut, mengatakan, ada ketidak beresan di lokasi karantina LPMP, sehingga terjadi insiden pembakaran tenda oleh pasien yang dikarantina.

“Kalau kita mau lihat dari sisi substansi masalah, yang paling tahu itu sebenarnya teman-teman di Gugus Provinsi. Tetapi ketika ada sebagian warga di LPMP itu mengamuk dan memprotes dengan cara membakar, maka ini memberikan tanda bahwa ada yang tidak beres yang terjadi di lokasi karantina LPMP,” ujar Sairdekut, kepada awak media di ruang kerjanya, Senin (15/6).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut

Sebagai dewan, kata Sairderkut, seharusnya dalam tugas dan tanggungjawab pengawasan Covid-19, DPRD harus mengundang pemerintah daerah lewat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, untuk menanyakan apa penyebab sehingga terjadi aksi pembakaran itu.

Untuk itu, lewat tim pengawas Covid-19 DPRD dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan ke beberapa lokasi karantina, untuk memastikan persoalan yang sebenarnya terjadi.

“Ini kami telah rencanakan bersama tim pengawas Covid-19 DPRD, akan melakukan peninjauan di beberapa titik dan mudah-mudahan dalam minggu ini, kita bisa turun untuk memastikan bahwa seluruh soal-soal yang terjadi, baik itu di rumah sakit dan sebagainya, kita bisa mendengar langsung,” tandas Sairdekut.

Kader Partai Gerindra ini juga mengungkapkan, ada berbagai persoalan yang telah dihimpun dewan, salah satunya soal lambatnya hasil swab yang dinantikan para pasien karantina dan soal pelayanan hak dasar yang tidak terlayani dengan baik di tempat karantina.

“Selaian melakukan peninjuan, lewat pengawas Covid-19 juga akan mengundang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku agar dicari solusinya, dengan harapan, kedepan tidak ada lagi hal-hal yang terjadi seperti peristiwa tersebut,” pungkasnya.(RHM)

Comment