by

Agustus, RAT Dapat Dilakukan

Ambon, BKA- Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang sebelumnya ditunda akibat pandemi covid 19 serta anjuran pemerintah untuk tidak mengizinkan adanya perkumpulan orang dalam jumlah besar, kini dapat dilakukan mulai bulan Agustus 2020.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, Marthen Keiluhu mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada seluruh koperasi yang ada di Kota Ambon untuk dapat kembali melaksanakan RAT pada Agustus nanti.

Dan untuk RAT yang akan dilaksanakan, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan maupun penggunaan gedung yang representative. Sehingga dapat mencegah adanya penularan atau penyebaran covid 19.
“Dalam waktu dekat kita sudah mulai RAT lagi. Agustus kita mulai RAT dan kita pakai protokol kesehatan. Kita laksanakan rapatnya tapi dengan protokol kesehatan di gedung yang memang representatif sesuai dengan persyaratan protokol kesehatan,” tandas Keiluhu, saat dihubungi koran ini, Jumat (24/7).

Dikatakan, sebelumnya memang RAT ditunda dan baru kembali dibuka pada Agustus 2020 nanti. Sehingga pihaknya terus melakukan pembinaan serta menghimbau untuk koperasi yang ada dapat melaksanakan kegiatan yang sangat penting itu.

“Kita membina dan mereka memang mau bikin RAT, tapi karena kondisi. Tapi ini kita sudah himbau untuk segera bikin lagi,” tuturnya.Ia mengaku, sudah ada satu koperasi yang mengajukan untuk pelaksanaan RAT pada bulan Agustus nanti, namun tanggalnya belum dapat dipastikan. “Ada satu yang sudah ajukan untuk RAT di bulan Agustus nanti,” bebernya.

Dituturkan, sudah ada 27 koperasi sepanjang tahun 2020 yang tercatat telah melaksanakan RAT. Sehingga diharapkan, koperasi lainnya juga dapat turut melaksanakan kegiatan tersebut agar dapat mempertanggungjawabkan seluruh laporan keuangan yang ada.

Dan bagi koperasi yang tidak melaksanakan RAT selama 2 tahun berturut-turut, pesannya, akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang ada. Namun dengan adanya pandemi Covid 19 saat ini pemerintah dapat memaklumi keadaan yang ada. “Kalau untuk didiskualifikasi tidak mungkin karena ini kan keadaan,” ucapnya.

Keiluhu berharap, untuk pelaksanaan RAT di tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yakni melewati angkat 53 koperasi. Akan tetapi, dengan kondisi saat ini pihaknya hanya dapat menghimbau.

“Tahun kemarin kan 53, mudah-mudahan bisa lebih lah. Tapi kondisi covid ini malah kacau balau. Kita juga tidak bisa turun pembinaan lebih, kita baru mau mulai jalan lagi Agustus,” tutup dia. (DHT).

Comment