by

Akad Nikah Dibolehkan Kembali

Ambon, BKA- Sebelumnya pemerintah lewat Kementerian Agama (Kemenag) membatasi pelaksanakan akad nikah, paska pademi Covid-19 melanda Indonesia sejak beberapa bulan lalu, sesuai edaran Dirjen Bimas Isalam Kemenag RI nomor : P/004/DJ.III/HK.00.7/04 2020.

Tapi saat ini, proses pelaksanaan akad nikah sudah kembali diperbolehkan. “Ia sebelumnya ada aturan Kenenag tentang pembatasan pelaksanaan akad nikah, tapi sekarang sudah bisa dilaksanakan kemabli. Tapi harus tetap memperhatingan protokoler Covid-19,” akui Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku, Rusdi Latuconsina, pada Berita Kota Ambon, Rabu(10/6).

Rusdi Latuconsina

Khusus di daerah zona merah, pelaksanaan akad nikah hanya dapat dilaksanakan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) wilayah masing-masing, dengan ketentuan yang hadir hanya 10 orang.

Sebaliknya, pelakanaan akad nikah di daerah hijau atau kuning pelaksanaanya bisa dilakukan di rumah. Tapi dengan ketentuan dihadiri 30 orang saja.

“Di zona merah, itu harus dilaksanakan di KUA. Di zona lain, bisa dilakukan di rumah, dengan syarat saat melakukan pendaftaran nikah harus bisa melampiri surat pernyataan bahwa akan tetap memperhatikan protokoler Covid-19,” jelalsnya.(RHM)

Comment