by

Akibat Corona, Harga Bawang Naik

Ambon, BKA- Harga jual bawang merah di sejumlah pasar tradisonal, hingga kemarin masih mengalami kenaikan yang signifikan. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon mengaku, kenaikan harga jual tersebut salah satunya akibat pandemi Covid-19.

Dimana para petani takut beraktivitas karena adanya penyebaran wabah mematikan ini. Selain akibat wabah, kekurangan modal hingga takut merugi juga menjadi salah satu alasan terjadinya kenaikan harga bawang di pasaran.

“Kemarin saya sempat bertemu langsung dengan distributor, itu memang ada informasi bahwa petani ini dia sedikit takut untuk melakukan aktivitas karena covid 19. Dan ada juga petani yang kekurangan modal, kemudian dia mau berproduksi tapi takut produk tidak terjual,” ungkap Kepala Diseprindag Kota Ambon, Pieter Leuwol, kepada wartawan, Sabtu (14/6).

Dipaparkan, untuk stok bawang merah sendiri yang ada di Kota Ambon, didatangkan dari luar Ambon yakni dari Probolinggo maupun Enrekang. Dengan begitu, masyarakat yang ada di Ambon tidak dapat berbuat banyak saat stok yang ada semakin sedikit dan berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan oleh para penjual.

“Tapi yang pasti datangkan dari luar daerah. Jadi memang bawang merah ini ada sedikit gangguan, dari harganya sedikit meningkat,” tuturnya.

Pieter menyebutkan, untuk menetralisir kelonjakan harga, pihaknya akan mendorong para distributor yang ada di Kota Ambon. Untuk pasokan bawang merah yang masuk ke Ambon juga banyak dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Kemudian an harga yang ditawarkan juga dapat dijangkau dengan baik.

“Yang pasti kita akan dorong distributor, karena distributor kan sudah ada kenalan di sana. Dia punya pasokan tergantung di sana, kalau panen belum berarti kirimnya sesuaikan,” sarannya.

Lanjut dia, stok yang disediakan oleh distributor harus banyak dan dapat memenuhi kebutuhan. Karena kebutuhan bawang merah merupakan salah satu kebutuhan dasar. “Yang pasti kita akan antisipasi itu karena kita kesulitan, dan stoknya harus siap,” terangnya.

Dirinya berharap, melalui koordinasi lanjutan nanti pihaknya akan mendapat solusi terbaik, guna memenuhi kebutuhan bawang merah di Kota Ambon. (DHT)

Comment