by

Akting dengan Suara, Ini Kesulitan Dian Sastrowardoyo dan Gading Marten

Jakarta, BKA- Aktor Gading Marten mengaku sangat tertantantang turut terlibat dalam serial audio untuk film Guru-Guru Gokil. Mantan suami Gisella Anastasia ini merupakan pertamakalinya terlibat sebagai pengisi suara.

“Ini pertama kalinya aku akting pakai suara doang. Selalu ada tantangan baru,” kata Gading Marten melalui konferensi virtual, Senin (4/5/2020).

Gading Marten mengatakan bahwa kesulitannya berakting melalui media suara dan tidak dapat melihat ekspresi wajah dari pengisi suara lainnya.
“Ini soalnya kalau akting biasa kan ketemu lawan main dan bisa langsung (beradu peran). Sekarang tantangannya kami hanya bisa lihat lawan main lewat aplikasi kayak gini sambil merekam audionya,” ujar Gading Marten.

Sementara itu, menurut Asri Welas kesulitannya itu tidak terlalu mengetahui perkembangan teknologi. Sehingga sedikit sulit menempatkan intonasi kalimat yang seharusnya diucapkan.

“Saya ini paling gaptek (gagap teknologi). Ketika rekaman di rumah, waktu kali pertama take, ada suara-suara gitu, ternyata itu suara mesin laptop saya. Akhirnya harus nunggu mesin itu mati deh,” jelas Asri Welas.

Kemudian Dian Sastrowardoyo selaku pemeran sekaligus produser Guru-Guru Gokil mengungkapkan serial audio ini direkam secara mudah, yaitu di rumah masing-masing selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB).

Untuk kendala teknis, bintang film Ada Apa dengan Cinta? itu menjelaskan, tim produksi telah mengirimkan alat rekam ke rumah masing-masing pengisi suara. Kemudian semua pemeran merekamnya sambil berkomunikasi via aplikasi video conference agar interaksi antar karakter tetap mengalir satu sama lain.

“Cukup melelahkan, karena teknis, sutradara di situ dan kami pakai Zoom cuma buat tektok-an natural aja. Sehingga secara teknis agak menarik karena device untuk rekaman juga ada sendiri,” tutur Dian Sastrowardoyo.
“Setelah audio dikirimkan ke tim editing, akan dicek, file-nya aman atau nggak. Kalau nggak aman harus take lagi,” ujarnya.

Guru-Guru Gokil – Audio Series mulai tayang pada Senin (4/5/2020) dan episode selanjutnya akan dirilis setiap Senin, Rabu, dan Jumat di iRadio Network, YouTube BASE Entertainment, serta Instagram dan Spotify Guru-Guru Gokil.

Selain Dian Sastrowardoyo dan Gading Marten ada juga Arswendy Bening Swara, Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Ibnu Jamil, Asri Welas, dan Shakira Jasmine untuk memerankan karakter mereka masing-masing. (INT)

Comment