by

Alfamidi Poka Dibongkar

Ambon, BKA- Satu gerai Alfamidi yang tengah dalam proses pembangunan di kawasan Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, dibongkar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Ambon, Sabtu (11/7).

Pembongkaran itu terpaksa dilakukan oleh Satpol-PP Kota Ambon, karena pembangunan itu tidak melalui prosedur aturan yang berlaku, yakni, tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Walau tidak memiliki IMB, pihak manajemen Alfamidi terus saja melakukan proses pembangunan gerai itu. Sehingga tidak ada pilihan lain bagi Pemkot Ambon selain mengambil langkah tegas untuk menghentikan pembangunan itu, carannya, dengan melakukan pembongkaran.

Kepala Satpol-PP Kota Ambon, Josi Loppies, membenarkan hal itu. “Alfamidi sampai dibongkar itu karena tidak ada ijin. IMB saja tidak ada, masa pembangunan sudah jalan. Itu kan tidak bagus,” terangnya, saat dihubungi BeritaKota Ambon via handphone, Minggu (12/7).

Selain tidak mengantongi IMB, pekerjaan gerai itu juga dinilai mengganggu aktivitas warga sekitar, baik pejalan kaki maupun pengguna kendaraan. Sebab material bangunan yang akan mereka gunakan, ada yang ditumpuk di badan jalan. “Mereka kerja juga kan, buang material jalan itu,” ungkapnya.

Namun yang paling disesalkan Loppies, yakni, pembangunan gerai Alfamidi itu tidak mengantongi IMB. “Kalau ada IMB, tidak apa-apa. Tapi ini tidak ada IMB. Masakan usaha besar tidak ada IMB. Ini seakan-akan tidak menghargai Pemerintah Kota Ambon,” sesalnya.

Dilokasi gerai tersebut, katanya, telah dipasang pengumuman larangan untuk tidak ada lagi proses pembangunan yang berjalan.

“Kemarin itu, langsung taruh papan larangan untuk tidak boleh ada kegiatan pembangunan yang diberikan dari PU kepada Pol-PP,” tutup Josi. (BKA-1)

Comment