by

APBD Buru Belum Ditetapkan

Ambon, BKA- Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 untuk Kabupaten Buru, hingga kemarin belum juga ditetapkan. Hal ini diakui, karena ada perubahan sistem dari Pemerintah Pusat untuk disesuaikan oleh daerah.

“Untuk khusus pengelolaan keuangan terkait dengan penetapan APBD 2021 ini, memang kami sampai sekarang ini APBDnya belum ditetapkan,” terang Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buru, Moh Hurry, kepada koran ini, Rabu (20/1).

Hurry menjelaskan, keterlambatan penetapan APBD bukan disengaja, namun memang ada pergantian aplikasi dari Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) kini digantikan dengan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) yang baru dimulai di tahun ini.

“Karena kami ada pergantian aplikasi SIMDA ke SIPD dari Kementerian Dalam Negeri, sehingga hampir semua daerah belum mungkin. Khusus untuk Maluku belum semuanya menetapkan APBD. Kalau tahun-tahun 2020 ke bawah itu bulan Desember kami sudah tetapkan, 2021 ini agak terlambat,” jelasnya.
Untuk APBD 2021 Kabupaten Buru, akuinya, fokus dalam hal pembangunan infrastruktur. Mulai dari infrastruktur lanjutan tahun 2020 yang baru di tahun 2021. Seluruhnya demi pelaksanakan visi misi Bupati Buru, Ramly Umasugi.

“Kemudian terkait materi dari APBD ini lebih difokuskan untuk pembangunan infrastruktur, untuk mengsukseskan visi misi Pak Bupati,” sebutnya.
Selain pembangunan infrastruktur, lanjut Hurry, ada anggaran dari APBD yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19 di kabupaten yang berjulukan Rete Mena Bara Sehe ini. Akan tetapi, dari informasi yang diterimanya, aka nada refokusing di tahun 2021, seperti tahun 2020 kemarin.

“Yang tidak kalah penting juga, terkait dengan penanganan Covid-19 itu yang diarahkan oleh pak Bupati, khusus mendukung pelaksanaan vaksinasi, kami juga sudah antipasi walaupun memang ada informasi. Katanya mau terjadi refocusing lagi. Namun sampai saat ini kami belum tahu mana-mana yang mau direfocusing,” tutupnya. (MSR)

Comment