by

APBD Perubahan Dibahas Pekan Ini

Ambon, BKA- Pemerintah kota dan DPRD Kota Ambon mulai membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2020. Paripurna penyerahan RKPD akan dimulai dalam pekan ini.

Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta mengaku, seluruh pembahasan APBD Perubahan telah diagendakan DPRD dalam pekan ini. Yakni seluruh agenda akan disesuaikan dengan kondisi pandemi yang ada.

“Minggu besok (pekan ini) kita rencan paripurna penyerahan RKPD. Setelah itu ada pembahasan, tapi dengan situasi Covid seperti ini kita akan menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” tandas Toisuta, saat dihubungi koran ini, Sabtu (8/8).

Bulan ini, kata Srikandi Golkar itu, kesiapan pembahasan sudah harus dilakukan. Sehingga nantinya penyerahan RKPD akan disesuaikan dengan jadwal Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

Namun terkait infrastruktur atau sarana lainnya yang akan didorong masuk ke APBD Perubahan tersebut, nantinya akan dilihat setelah penyerahan.

“Kalau Senin besok (hari ini) pak Walikota ada, kita lakukan penyerahan RKPD Perubahan untuk dibahas. Soal apa yang didorong, nanti dilihat setelah itu. Karena sudah diagendakan makankita sediakan dengan pak Wali,”

Disinggung soal pergeseran anggaran, Toisuta mengaku, hal tersebut nantinya akan dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Ambon untuk di bedah.

“Soal anggaran nanti kita bahas dan Banggar akan bedah itu sesuai kepentingan masyarakat,” pungkasnya.

Dijelaskan, penyusunan APBD berpedoman kepada rencana kerja Pemerintah Daerah. Maka kegiatan pertama dalam penyusunan APBD yakni penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

RKPD yang disusun pemerintah daerah merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). (UPE)

Comment