by

Ar Rahmah Berangkatkan 11 Siswa Ke Pasuruan

Ambon, BKA- Langkah Yayasan Ar Rahmah Ambon untuk memberangkatkan santrinya untuk menimba ilmu di Pulau Jawa, tak pernah surut. Walau saat ini, masyarakat tengah diresahkan dengan pandemi Covid-19.

Kali ini, yayasan yang dibina Habib Rifqi Idrus Alhamid itu kembali memberangkatkan 11 santrinya ke ke Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah, Pasuruan, Jawa Timur, pada 4 Juli lalu.

Keberangkatan 11 santri itu didampingin langsung oleh Habib Rifqi.

“Ini bagian dari dakwah kami. Meski di tengah masa pandemi, dakwah harus tetap jalan. Tentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Habib Rifqi, Rabu (8/7).

Dia mengungkapkan, setibanya di Pasuruan, rombongan Habib Rifgi itu disambut oleh Habib Taufiq Bin Abdul Qadir Assegaf, yang sekaligus mengantar ke-11 santri tersebut ke Pondok Pesantren Sunniyah Salafiyah.

“Alhamdulillah kami langsung diterima oleh Sayyid Abubakar Bin Taufiq Assegaf, anak dari Habib Taufiq. Dan juga Al Habib Taufiq bin Abdul Qadir Assegaf,” ujar Habib Rifqi.

Menurut dia, pengiriman santri oleh Yayasa Ar Rahmah untuk menuntut ilmu pada sejumlah pondok pesantren di Pulau Jawa, sudah dilakukan beberapa kali. Namun pondok pesantren tujuan berbeda-beda.

Bahkan, ada juga santri yang dikirim untuk menimbah ilmu di Yaman. “Lima santri lainnya, kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Al-Mustafa, Yaman,” ujarnya.

Pengiriman siswa asal Maluku ke Pulau Jawa, seharusnya tidak perlu dilakukan, bila saja di Maluku sudah memiliki pesantren yang representatif, terutama untuk hafalan Al-Quran.

Karena belum ada, maka dilakukan pengiriman santri itu untuk menimbah ilmu agama keluar Maluku, untuk melahirkan ulama-ulama handal di Maluku.

Memang ungkap Habib Rifqi, saat ini pihaknya tengah mendirikan sebuah pondok pesantren moderen di Kota Ambon, yang berlokasi di Batu Koneng, yang sampai saat ini masih dalam proses pembangunan.

“Kami berharap, melalui Pondok Pesantren Ar Rahmah itu, nantinya lahir kader-kader ulama dari Maluku. Mereka ini nanti diharapkan kembali ke daerah menjadi juru dakwah di kampung halamannya,” ujarnya.

Terkait pembangunan Pesantren Moderen Ar Rahmah ini, Habib Rifqi berharap, bila ada donatur yang ingin beramal membantu lembaga pendidikan yang dibinanya itu, dengan sangat terbuka pihaknya siap menerima.

“Semoga bantuan anda bisa menjadi amal jariah di akhirat kelak, dan membawa berkah untuk kita semua. Dan dari Pondok Pesantren Ar Rahmah Ambon ini diharapkan, lahir santri-santri hebat yang kelak bisa membangun Maluku dengan ilmu agamanya,” ujarnya.

Bantuan bisa disalurkan ke Kantor Yayasan Ar Rahmah, Jalan Rurehe, Ambon, atau ke No.Rekening BCA: 4150 26 5555 a/n Yayasan Ar Rahmah Ambon No Kontak Hp.08 11 85 87 89.(**)

Comment