by

ASDP Siap Merugi

Ambon, BKA- Manager Usaha PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon, Abdillah, mengungkapkan, pihaknya telah siap merugi pada tahun ini.

Bahkan dia memastikan, kalau pada 2020 ini, pendapatan ASDP akan terjadi penurunan atau bahkan merugi. Sebagai dampak dari kebijakan pembatasan transportasi udara maupun laut secara nasional maupun lokal, yang dikeluarkan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

“Pendapatan dengan kondisi begini, turun jauh,” singkat Abdillah, kepada BeritaKota Ambon di loby kantor ASDP Cabang Ambon, Selasa (5/4).

Target pendapatan kinerja ASDP Ambon tahun 2020 diperkirakan sebesar Rp 100 miliar. Namun hal itu tidak bisa tercapai, bahkan turun drastis.

Memang, ungkapnya, target pendapatan ASDP pada 2019 dan 2020 sama, yakni, Rp 100 miliar. Namun pada 2019 lalu, target tersebut hampir dipenuhi. Berada dikisaran angka 90 persen.

“Dibanding tahun lalu, representasinya belum lihat pasti. Yang pastinya si turun. Tahun lalu itu dikisaran 90 persen, hampir 100 persen,” katanya.

Walau hampir dipastikan ASDP akan merugi pada tahun ini, kata Abdillah, pihaknya tetap mengapresiasi kebijakan pemerintah, dengan tetap mengoperasikan seluruh aramada kapal ferry yang dimiliki.

Untuk pengeoprasian kapal ferry milik ASDP tersebut, ujarnya, hanya untuk mengangkut barang atau logistik dan TNI-Polri, termasuk petugas kesehatan.

“Ya, memang ini kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda), untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, yang sudah menyebar secara global. Jadi apapun yang menjadi kebijakan atau keputusan Pemda, itu pasti kita akan jalankan,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment