by

ASN Pemprov Jalani Swab Test

Ambon, BKA- Usai Pemerintah Kota Ambon, giliran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menjalani pengambilan swab test. Swab test massal ini telah berlangsung seajak Selasa (25/8) kemarin.

Hal ini dilakukan untuk mencegah kulster baru penyebaran Covid-19 di wilayah perkantoran.

“Kemarin kita sudah mulai di Badan Pendapatan Daerah, Biro Hukum dan Biro Pemerintahan. Dari situ kurang lebih ada enam orang yang terpapar covid,” beber Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Kasrul Selang kepada wartawan, Rabu (26/8).

Dikatakan, jika uji swab dilakukan di disuatu dinas/badan, maka pegawai yang sudah di swab harus istirahat di rumah sampai menunggu hingga hasilnya swabnya keluar.

“Jadi begitu di swab maka pegawai-pegawai yang bersangkutan istirahat di rumah. Tidak boleh kemana-mana sampai menunggu hasilnya,” tandas Ketua Gugus Tugas Covid-19 Maluku ini.

Ditanya apakah kebijakan ini tidak menganggu pelayanan, Ia mengaku tidak. Dikarenakan pengambilan swab dilakukan secara bergilir.

Misalnya sepertiga pegawai. Dimana yang telah swab harus tetap tinggal di rumah. Namun bukan berarti libur dan jalan-jalan, tetapi kerja dari rumah.

Setelah mengetahui hasilnya, jika positif diisolasi. Sementara kalau negatif maka masuk kerja lagi,” ujarnya.

Menyinggung soal ada ASN yang menghindar untuk dilakukan uji swab, Ketua Harian Gustu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku ini menilai, Gubernur Maluku telah
menandatangani surat untuk disampaikan ke pimpinan OPD agar untuk bertanggung jawab dan menindaklanjuti surat tersebut.

“Minimal 75 persen pegawai harus ter-swab. Ada sanksi bagi pegawai yang tidak mau di swab,” pesan Kasrul.(RHM)

Comment