by

Atasi Longsor, Warga Hative Kecil Bentuk Tim KMSB

Ambon, BKA- Musim penghujan seringkali menjadi salah-satu faktor timbulnya bencana alam, seperti tanah longsor. Hal ini yang disampaikan oleh Polly Kakiay, Ketua RT 001/RW 02, Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Dirinya mengaku setiap kali musim penghujan sering terjadi longsor didaerahnya dan itu sangat meresahkan masyarakat. Namun ada beberapa upaya yang dilakukan oleh RT bersama dengan masyarakat dalam mengatasi masalah longsor tersebut, salah satunya dengan dibentuknya tim Kelompok Masyarakat Siaga Bencana ( KMSB).

“Tim KMSB yang kita bentuk ini terdiri dari perangkat RT dan beberapa warga, dimana tugasnya ini untuk mengatasi setiap bencana alam yang terjadi, seperti bencana tanah longsor yang saat ini sedang terjadi. Hal ini dilakukan untuk pencegahan bencana yang tejadi, misalnya sekarang kami menutupi lokasi longsor dengan menggunakan terpal supaya ketika hujan turun tidak mengenai tanah, yang akan mengakibatkan longsor susulan,” ucap Kakiay

Dirinya juga menjelaskan pada akhir tahun 2019 kemarin dan awal tahun 2020, Dinas Pekerjaan Umum ( PU ), melakukan survei bagian tanah yang longsor kemudian melakukan tindakan pencegahan, namun sementara tertunda akibat adanya bencana Pandemi Covid-19

“Akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 dari Dinas PU sempat turun survei lokasi, sekaligus melakukan tindakan pencegahan. Tapi sekarang ini sementara tertunda karena mungkin adanya Covid-19, dimana memang diminta untuk jangan keluar rumah, kemudian jaga jarak dan yang lain, mungkin karena itu pencegahan sementara ditunda,” jelasnya.

Ia berharap semoga Covid-19 segera berakhir agar upaya pencegahan longsor ini bisa kembali dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

“Masyarakat seringkali resah dan jenuh dengan bencana longsor ini, untuk itu saya harap Covid-19 ini capat berakhir, supaya dari dinas terkait bisa melanjutkan pekerjaan untuk atasi longsor dan masyarakat bisa tenang,” harapnya. (MG-2)

Comment