by

“Bacarita Kamtibmas”, Angka Kriminal di Leihibar Menurun

Ambon, BKA- Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Leihitu Barat (Leihibar),Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, Iptu Johan Anakotta mengungkapkan, di masa pandemi covid-19 saat ini, angka kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Polsek Leihibar menurun.

Hal ini harus diperkuat dengan adanya pelatihan dan penguatan perangkat negeri dalam penanganan gangguan kamtibmas sekaligus tersedianya Forum Komunikasi Masyakat di setiap Negeri.

Sehingga ke depan selalu tercipta sinergitas yang baik dengan semua eleman masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas yang amam dan kondusif.

Hal ini disampaikan Kapolsek saat memberikan sambutan dalam kegiatan “Duduk Bacarita Kamtibmas” dalam rangka menjaga masyarakat untuk menjadi polisi bagi diri sendiri dan menjaga situasi Kamtibams yang kondusif, yang berlangsung di Kantor Negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Sabtu (11/7).

Perwira dengan dua balok emas di pundak itu mengaku, kegiatan duduk Bacarita Kamtimbas ini dalam rangka Mendukung Perintah lisan Kapolda Maluku pada 22 Juni 2020 kemarin, terkait Pelaksanaan Pemolisian Masyarakat Dalam Bentuk Kearifan Lokal.

“Jadi pada prinsipnya, kegiatan yang kami gelar ini merupakan perintah lisan Kapolda Maluku, terkait pelaksaan pemolisian Masyarakat dalam bentuk Kearifan lokal, dan kedepan, giat duduk Bacarita Kamtibmas ini akan dilakukan setiap hari denga cara anggota polisi mendatangi tempat tinggal warga untuk bacarita bersama,” Ungkap Anakotta kepada Beritakota Ambon,melalui selulernya, Minggu (12/7).

Anakotta menambahkan, tujuan utama dari kegiatan Bacarita Kamtimbas ini mempunyai banyak manfaat, terutama bertujuan untuk menciptakan sinergitas TNI POLRI bersama pemerintah Negeri dan Tokoh Agama serta eleman masyarkat dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Hukum Polsek Leihitu Barat. “Hal ini juga bagian dari menjalin sinergitas antara TNI/Polri dan semua elemen masyarakat di Wilayah hukum Polsek Leihibar,” tandasnya.

Turut hadir, Camat Leihitu Barat Drs. J.F.Latumeten, Mewakili Danramil Leihitu dan Leihitu Barat Babinsa Negeri Lilibooi Serka Analinda, KPN/Raja se-Kecematan Leihitu barat, Pimpinas Puksesmas Allang dan Pimpinan Pustu Lilibooi dan Hatu, Tokoh Agama Se-Kecamatan Leihitu Barat, Perwakilan Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Se-Kecamatan Leihitu Barat. (SAD)

Comment