by

Bantuan DAK Rp 8 Miliar Dipending

Ambon, BKA- Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat (Pempus) untuk Kota Ambon sebesar Rp 8 miliar, harus dipending sementara waktu.

Hal tersebut merupakan dampak dari merebaknya wabah Covid-19 yang melanda hampir ke seluruh pelosok negeri ini.

Dana tersebut rencananya akan dipakai untuk program dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon. Yakni untuk pembangunan septictank maupun pembangunan perumahan pada 5 Kecamatan di Kota Ambon.

Kasubag Perencanaan, Dinas PRKP Kota Ambon, Ivone Latuputty mengatakan, dana tersebut rencananya akan dibagi untuk 2 program dari dinasnya.

“DAK sekitar 8 miliar harus dipending, yaitu 4 miliar untuk sanitasi bagi pembangunan septic tank. Lalu 3 koma sekian miliar untuk pembangunan perumahan di 5 kecamatan, pada 15 kawasan kumuh di Kota Ambon,” ujar Ivone, kepada wartawan, Kamis (18/6).

Menurutnya, dana tersebut diketahui dipending oleh pemerintah pusat berdasarkan adanya surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang menyatakan semua kegiatan DAK untuk sementara waktu tidak dijalankan.

Dengan begitu, kata dia, dana yang direncanakan akan digunakan untuk program lainnya juga ditunda. Akibatnya, untuk sementara waktu tidak ada dana yang berasal dari pusat.

“Belum jalan, karena ada virus corona. Karena ada surat dari Kementerian Keuangan untuk semua kegiatan DAK itu dipending,” terang Ivonea.

Untuk itu, pihaknya akan menunggu instruksi selanjutnya dari Pemerintah Pusat, agar nantinya kembali menjalankan proses DAK selanjutnya.

“Kita nanti tunggu surat berikutnya dari Kementerian Keuangan, baru kita proses lanjut,” sebutnya.

Dengan begitu, Ivone berharap, pandemi yang terjadi dapat segera mereda. Sehingga seluruh program yang ditujukan guna membantu masyarakat dapat berjalan dengan semestinya. (DHT)

Comment