by

Banyak Siswa Tak Punya Android

Ambon, BKA- Berdasarkan data yang masuk pada Dinas Pendidikan Kota Ambon, masih banyak siswa tingkat SD dan SMP yang belum memiliki HP Android untuk mengikuti pembelajaran daring.

“Saya tidak bisa pastikan berapa banyak, tapi sangat banyak, yang tidak memiliki HP, ” ungkap Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Ambon, Mery Mairuhu kepada Koran ini, di Balai Kota, Jumat (4/9).

Menurutnya, terkadang data dari setiap sekolah terkait siswa tidak memiliki android, belum tentu sesuai realita. Karena, Dinasnya hanya mengetahui sesuai data yang diberikan pihak sekolah.

“Kita tidak turun lapangan, karena kita hanya butuh data dari sekolah. Jadi belum bisa dipastikan dengan fakta yang akurat, bahwa ternyata banyak yang memiliki dan tidak memiliki, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, jika didata banyak siswa yang tidak memiliki Android, tetapi orang tua siswa mempunyai Android. Sehingga hal tersebut menjadi pertanyaan besar pada dinasnya.

“Tapi berdasarkan data yang dimasukkan dari sekolah itu, seper dua dari pada siswa. Kota Ambon yang tidak memiliki, nah ini yang menjadi suatu tanda tanya besar dari Dinas Pendidikan,” akuinya.

Dengan tidak yakin dengan data sekolah, maka nantinya pihaknya akan melakukan pemantauan atau peninjauan di seluruh sekolah. Guna memastikan apakah benar siswa bersangkutan tidak memiliki Android atau tidak.

“Menurut data banyak siswa yang tidak memiliki HP, dari yang memiliki HP. Itu sesuai data. Tapi fakta belum berbicara jadi kita belum bisa bilang, karena kita belum langsung ke Sekolah, ” tuturnya.

Dituturkan, pada kondisi Covid-19 saat ini, sehingga dinasnya tidak bisa mengumpulkan siswa maupun pihak sekolah untuk mengetahui kebenaran terkait hal dimaksud. (BKA-1)

Comment