by

Batu Meja Bentuk Paparisa Sekolah Sampah

Ambon BKA- Salah satu upaya untuk mengurai masalah sampah, yakni, melalui daur ulang. Seperti yang sementara diupayakan oleh Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kelurahan Batu meja saat ini tengah berupaya untuk membangun gedung untuk Paparisa Sekolah Sampah.

Paparisa Sekolah Sampah merupakan wadah berkumpulnya muda-mudi Kelurahan Batu Meja, untuk belajar mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Lurah Batu Meja, Sitty Tuanaya, mengungkapkan, Paparisa Sekolah Sampah tersebut sebenarnya sudah diibentuk sejak lama. Hanya saja sampai sekarang belum memiliki gedung yang refresentatif untuk beraktivitas.

Memang pada 2020 lalu, pihak Kelurahan Batu Meja bermaksud untuk mengakomodir pembangunan gedung tersebut. Namun hal itu tertunda dilakukan hingga saat ini, karena masalah pandemi Covid-19.

Walau belum memiliki gedung refresentatif untuk beraktivitas, kata Tuanaya, namun struktur Paparisa Sekolah Sampah sudah terbentuk. Yang terdiri dari kelompok kerja yang bertugas sebagai pengumpul sampah yang bisa didaur ulang, hingga kelompok yang mengarahkan cara mendaur ulang sampah.

“Sudah ada kelompok yang kami bentuk. Yakni kelompok untuk mengumpulkan sampah, serta kelompok yang akan mengajar cara mengolah sampah tersebut menjadi barang yang kreatif, yang mempunyai nilai jual,” terang Tuanaya.

Selain itu, Paparisa Sekolah Sampah terbuka untuk semua tingkatan usia. Mulai dari anak-anak yang masih usia sekolah, sampai orang dewasa. Semua berhak untuk bergabung disini.

“Kami buka untuk semua usia. Bukan hanya dewasa saja, melainkan juga untuk anak-anak yang masih sekolah, guna melatih mereka berkreativitas mengolah sampah menjadi barang yang kreatif, yang ada unsur nilai jualnya,” pungkas Tuanaya. (BKA-2)

Comment