by

Bawang Merah Turun Harga

Ambon, BKA- Sempat mengalami kenaikan harga hingga Rp70.000 per kilogram, penjualan bawang merah di beberapa pasar tradisonal Kota Ambon mulai turun harga dikisaran Rp 60.000 per kilogramnya.

Saat ditemui, salah satu pedagang bawang merah, Dedy menyebutkan, saat ini harga bawang merah yang ditawarkan sudah mulai menurun dari harga sebelumnya yang mencapai Rp70.000 per kilogram. Dan sejak kemarin, para pedagang sekitar telah menjual bawang merah dengan harga Rp 60.000 per kilogram, bahkan ada yang menjual dengan harga Rp 54.000 per kilogram.

Sehingga para pembeli tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan dapur, meski sebagian besar lebih memilih membeli bawang dengan harga eceran.

“Sekarang ini harganya sudah turun jadi 60 ribu per kilo. Ada juga pedagang lain yang jual di bawah harga itu,” beber Dedy, di pasar Mardika, Selasa (30/6).

Ia mengaku, harga bawang yang turun dikarenakan stok bawang merah yang masuk ke Kota Ambon cukup banyak, dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Dan ini berpengaruh terhadap harga di pasaran.

Dimana stok bawang pada agen yang diambil para pedagang sudah sangat banyak, sehingga harga di agen mengalami penurunan secara otomatis. Dan para pedagang juga harus menjual bawang merah denga harga yang sesuai dari pengambilan.

“Semoga harga bawang terus mencukupi dan harganya tidak naik. Supaya masyarakat juga bisa memenuhi kebutuhannya,” pintanya.

Hal senada disampaikan Marwa, salah satu pedagang bawang lainnya. Menurut dia, jika stok bawang mencukupi kebutuhan masyarakat, maka tentu harga bawang di pasaran akan turun. Dan saat ini, harga bawang dijual sekitar Rp 60.000 per kilogram.

Sementara untuk bawang putih, lanjut Marwa, harganya masih stabil yakni bertahan pada harga Rp30.000 per kilogram.

“Kalau bawang putih itu masih normal, karena harga itu tapi ada pedagang lain yang jual dengan harga 25 ribu per kilo,” bebernya.

Sementara untuk cabai sendiri, sebutnya, baik cabai rawit maupun cabe keriting masih terjadi lonjakan harga. Karena pasokan cabai belum stabil pada agen atau pemasok yang ada di Kota Ambon. Yakni untuk harga cabe keriting mencapai Rp 60.000 per kg, sementara cabe rawit Rp70.000 per kilogram.

“Memang harga cabai masih mahal, tapi namanya kebutuhan pasti ada yang beli. Tapi katong (kita) harap semua harga bisa turun,” pintanya. (DHT)

Comment