by

Bawaslu SBT Aktifkan Panwaslu Awasi Pilkada

Ambon, BKA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mengaktifkan kembali panitia pengawas pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), pada 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Hal ini disampaikan Kordiv SDM Bawaslu SBT, Rosna Sehwaky, saat ditemui BeritaKota Ambon di ruang kerjanya, Selasa (16/6).

Pengaktifan kembali penyelenggara Ad Hoc pada jajaran Bawaslu SBT ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/03/2020 Tangga 14 Maret 2020, tentang pengawasan penundaan tahapan penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Yang jelas, pengaktifan kembali sudah kami lakukan pada Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), sesuai edaran Bawaslu RI. Yang paling terpenting saat ini adalah kendalanya, dimana pelaksanaan Pilkada kali ini bertepatan dengan wabah Covid-19. Sehingga dalam pengawasan, tentu kami juga sangat membutuhkan Alat Pelindung Diri atau APD. Dan itu kami sudah sampaikan ke pemerintah daerah,” jelas Sehwaky.

Rosna Sehwaky, Kordiv SDM Bawaslu SBT

Dia menambahkan, dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pilkada nanti, pihaknya akan tetap berkonsultasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 SBT, agar pengawasan yang dilaksanakan juga sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Gustu.

“Dalam pengawasan nanti, kami akan selalu berkoordinasi dengan tim Gugus, agar standar pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan,” pungkasnya. (LAN)

Comment