by

Berlabuh di Jailolo, Pangdam Terima Tradisi Joko Kaha

Ambon, BKA- Halmahera Barat (Halbar) merupakan salah satu wilayah yang dikunjungi Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Agus Rohman, di hari ketiga rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Maluku Utara.

Bersama rombongan, Pangdam yang tiba di Pelabuhan Jailolo, Selasa (2/9) siang, disambut oleh sejumlah pejabat wilayah Halbar dengan tradisi khas Halmahera, Joko Kaha.

Joko Kaha atau injak tanah merupakan tradisi penyambutan tamu pada masyarakat di Halmahera Barat. Itu juga tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertama kali menginjakkan kaki di daerah itu.

Setelah menerima penyambutan itu, Pangdam dan rombongan kemudian menuju kantor Bupati Halbar, untuk melaksanakan acara tatap muka dengan SKPD Pemda Halbar.

Pada acara tersebut, Bupati Halbar yang diwakili oleh Asisten 1, Vence Muluwere, membeberkan situasi dan kondisi terkini di Halbar.

Selain tatap muka dan bersilaturahmi, Pangdam juga menuturkan agar masyarakat Halbar berperan dalam memberdayakan segala potensi wilayah yang dimiliki, sebagai bentuk dari upaya ketahanan pangan menghadapi pandemi Covid-19.

Menjaga diri sendiri, keluarga dan utamakan protokol kesehatan menjadi perhatian Pangdam dalam sambutannya pada acara itu. Selain itu, Pangdam juga menyatakan, TNI siap memberikan dukungan dan membantu Polri dalam pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi yang akan digelar di wilayah Ternate, Desember mendatang. (Pendam 16)

Comment