by

Berlakukan Jam Malam, Wayame Gelar Patroli

Ambon, BKA- Gugus tugas desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, menggelar patroli malam setiap hari. Patroli ini merupakan upaya menekan angka penyebaran covid-19 khususnya di desa Wayame. Jam patroli yang dimulai pukul 18.00 WIT ini, bertugas untuk membubarkan warga yang masih berjualan maupun berkerumun. Selain itu patroli ini juga bertujuan untuk menjaga keaman desa Wayame dari kericuhan yang mungkin saja terjadi.

“Jadi kami lebih memperketat upaya penanganan penyebaran covid-19. Memang klaster pasien positif covid-19 yang baru itu terdaftar kebanyakan pekerja diluar rumah. Namun upaya pencegahan lebih kami perketat agar jangan sampai ada tambahan kalster pasien positif lagi di desa kami. Patroli ini juga dilakukan untuk menjaga keamanan desa dari kericuhan yang mungkin saja terjadi. Sejauh ini memang belum ada kericuhan tapi kami perlu berjaga-jaga,” tutur N.A.La Saleman Pejabat Desa Wayame.

Patroli ini melibatkan tim gugus tugas desa Wayame mengingat ini merupakan tugas dan tanggung jawab mereka. Ada juga Perangkat kantor desa, babinsa dan bhabhinkatipnas. Pejabat desa selaku ketua tim gugus tugas juga turut langsung dalam patroli yang dilakukan. Jika kedapatan ada yang masih berjualan maka akan diberikan himbauan mengenai protokol yang berlaku. Mereka juga turut membubarkan muda-mudi yang kedapatan masih duduk berkerumun disepanjang jalan desa Wayame ini.

“Awalnya memang sudah ada patroli yang dilaksanakan hanya saja itu saat sore hari. Warga itu biasanya memenuhi jalanan sekitar pukul 19.40. Terutama yang saya lihat itu disekitar Kota Jawa. Disitu ramai sekali orang berkerumun. Sekedar hanya untuk duduk nongkrong saja padahal sudah dengan tegas kami sampaikan bahwa ada batas waktu bagi warga untuk beraktivitas. Makanya kami melibatkan gugus tugas, babinsa, bhabinkatipnas dan bebrapa perangkat desa yang ada. Jika kedapatan warga masih berjualan maupun nongkrong kami akan turun kemudian memberikan teguran langsung dan beberapa arahan,” pungkasnya. (MG-1)

Comment