by

Besok ASN Pemkot Swab Test

Ambon, BKA- Pasca dinyatakan kembali menempati zona merah (tinggi) penyebaran Covid-19 oleh BNPB, Pemerintah Kota Ambon akan melakukan swab test kepada sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota yang selama pandemi melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Selain ASN Pemkot, pemeriksaan untuk mendiagnosis wabah Covid-19 itu juga akan diberlakukan kepada para tenaga kebersihan dibawah naungan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

Hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 di kota Ambon.

Sekertaris Kota (Sekkot) Ambon, A. G Latuherru mengaku, Dinas Kesehatan Kota Ambon telah mengatur waktu untuk nantinya dilakukan pengambilan swab ke seluruh ASN dan lainnya.

Menurut dia, pelaksanaan swab masal tersebut telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon untuk dilaksanakan pada Selasa (11/8) besok.

Disisi lain, sambung Latuheru, Pemerintah Kota sementara berupaya untuk menyiapkan surat edaran guna dikirim ke semua instansi vertikal, daerah, dan pusat.

Dan setelah surat edaran itu digubris oleh instansi terkait, maka dapat dilakukan swab test di lingkup Pemerintah Kota.

“Kita tidak paksakan lah, tapi diminta untuk semua bisa lakukan Swab secara mandiri. Terutama instansi-instansi yang banyak melakukan perjalanan keluar. Termasuk swasta, ” tegasnya, saat dihubungi koran ini, kemarin.

Latuherru juga menghimbau ke seluruh perusahaan swasta yang beroperasi di Kota Ambon agar bisa mengedepankan protokol kesehatan dengan seketat mungkin. Agar penularan wabah mematikan ini, tidak memunculkan cluster baru.

Sekedar tahu, pengambilan swab kepada ASN Pemkot diantaranya, Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terdapat Satu Pintu (DPMPTSP), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan yang terakhir adalah 700 orang tenaga kebersian di DLHP Kota Ambon. (BKA-1).

Comment