by

BIG Serahkan Peta Ke Pemkot

Ambon, BKA- Melalui Anggota DPR RI, Saadia Uluputty, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyerahkan peta batas wilayah versi baru kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di Balai Kota, Selasa (15/9). Penyerahan peta tersebut diapresiasi langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Sudah dua kali adakan pertemuan dengan Pemerintah Kota, dan itu menunjukkan betapa komitmen yang kuat dari beliau (Saaadiah Uluputty, red) untuk memberikan perhatian terhadap masyarakat Kota Ambon,” puji Louhenapessy.

Menurutnya, kebijakan Pemerintah Pusat untuk membuat satu peta secara nasional, sangat tepat. Karena ini diperlukan untuk menghindari terjadinya konflik pembatasan wilayah.

“Kita tahu, peta ini sangat penting, terutama untuk kita di Ambon. Kenapa dianggap penting, karena di Ambon ini, selain hukum positif yang berlaku, ada juga hukum adat,” terang dia.

Sementara itu, Anggota DPR RI, Saadia Uluputty, menjelaskan, hal tersebut merupakan tindak lanjut dari programnya beberapa waktu lalu, ketika mengikuti webinar geospasial secara virtual.

“Webinar virtual tentang geospasial Pulau Ambon. Dimana satu peta daerah itu penting dan strategis dalam rangka bagaimana dan dijadikan sebagai informasi serta perencanaan pembangunan,” sebutnya.

Politisi PKS ini menilai, selama ini peta yang dipakai RT dan RW di Pemerintah kabupaten atau kota di Provinsi Maluku, sudah masuk dalam peta versi lama.

Sedangkan kebijakan Pemerintah Pusat, sudah harus menggunakan peta satu pintu.
“Pemerintah pusat mengharapkan, seluruh peta yang dirancang untuk Indonesia ini, melalui satu pintu. Peta yang ada di geospasial,” tukasnya. (BKA-1).

Comment