by

BLT Masih Tahap Pembukaan Rekening

Ambon, BKA- Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), saat ini masih berada pada tahap pembukaan rekening bank bagi penerima di desa/negeri. Ini diakui Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa (DP3AMD) Kota Ambon, Rulien Purmiasa.

Menurutnya, saat ini BLT ADD belum dilakukan penyaluran karena desa masih melakukan pembukaan buku rekening. Mengingat, penyaluran dilakukan langsung melalui rekening bank masing-masing penerima yang merupakan masyarakat miskin terdampak covid 19 di desa/negeri.

“Yang bersumber dari ADD yang masih dalam pembukaan rekening bank,” tandas Purmiasa, saat dihubungi koran ini, Sabtu (25/7).

Dijelaskan, BLT ADD berdasarkan data terakhir yang diketahui, sudah ada sebanyak 7.000 lebih penerima BLT yang terkover.

“Tapi untuk BLT ADD itu sekitar 7 ribu itu data per minggu lalu, harus informasi dengan desa-desa. Karena kan kalau yang dinas anggap sudah tersalur yaitu yang buku rekeningnya sudah sampai di penerima,” terangnya.

Ia mengungkapkan, untuk penerima yang dianggap sudah tersalurkan yaitu penerima yang telah mendapatkan buku rekening. Namun untuk uang dari BLT yang diterima, itu menjadi tanggungjawab penerima.

“Soal nanti kapan dia mau pergi cair di bank itu urusan dia, yang penting saat dia sudah pegang buku bank itu dianggap dia sudah menerima,” bebernya.

Dikatakan, untuk BLT ADD sendiri tidak semua desa mendapatkan penyaluran tersebut. Karena hanya diberikan bagi desa yang tidak dapat mengkover seluruh penerima bantuan dari Dana Desa (DD) yang telah terpakai.

“Untuk DD ada kurang lebih 6 sampai 8 desa yang juga menambahkan dari ADD, tidak semuanya,” tambahnya.

Untuk desa yang sudah menggunakan dana 60 persen dari DD namun tidak dapat mengcover seluruh penerima bantuan, dapat menggunakan dana dari ADD.

“Jadi tidak semua, karena ada DD yang sudah dipakai 60 persen tidak cukup. PMK 40 tidak lagi membatasi penggunaan DD untuk BLT. Yang menentukan 30 persen itukan Permendes 6, tapi permendes 7 juga sudah dibuka ruang bahwa kalau memang sesuai kebutuhan tidak dibatasi lagi,” tukasnya.

Ia berharap, seluruh penerima yang ada dapat bersabar hingga proses maupun tahapan yang dikerjakan oleh desa saat ini dapat selesai. Selain itu, untuk BLT DD sendiri, tambah dia, sudah disalurkan dan sudah masuk pada penyaluran untuk bulan kedua.

“Yang berasal dari DD itu semua desa sudah melakukan penyaluran, bahkan sudah sampai bulan kedua,” tutup Purmiasa. (DHT)

Comment