by

BPNB Maluku Beri Ruang Bagi Pelaku Seni di Masa Pandemi

Ambon, 12/8 (ANTARA) – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku memberi ruang seluas-luasnya bagi para pelaku seni atau komunitas budaya di masa pendemi COVID-19.

“Momentum HUT RI ke-75 tahun 2020 akan dilaksanakan rangkaian kegiatan untuk kemajuan kebudayaan serta keprihatinan pelaku seni di tengah pendemi COVID-19,” kata Kepala BPNB Maluki, Rusli Manorek di Ambon.

“Momentum 17 Agustus tahun ini akan dilaksanakan rangkaian kegiatan untuk mendukung pekan kebudayaan daerah yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku,” katanya, Rabu.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan akan dilaksanakan 17-18 Agustus yakni pagelaran seni, festival kuliner tradisional, festival musik tradisional, lomba tenis meja dan catur.

Sementara itu juga akan digelar kegiatan lomba penulisan karya ilmiah dan bincang budaya ketahanan orang Maluku di masa pandemi COVID-19 pada 24 Agustus 2020.

Kegiatan lomba penulisan karya ilmiah bagi siswa SLTA di Maluku dan Maluku Utara dengan tema nilai kepahlawanan di tengah pandemi COVID-19.

“Seluruh rangkaian kegiatan pentas seni, festival kuliner dan musik tradisional akan dilakukan secara online yakni disiarkan secara langung melalui kanal youtube BPNB Maluku dan siaran TVRI Maluku, ” katanya.

Rusli menjelaskan, seluruh kegiatan dipusatkan di kantor BPNB Maluku dan akan disiarkan secara langsung, sehingga masyarakat dapat menyaksikan penampilan para pelaku seni dan komunitas budaya.

Kegiatan festival musik tradisional pihaknya memberikan ruang bagi 22 sanggar atau komunitas budaya untuk menampilkan karya, seperti musik hawaiaan, tarian dan musik lainnya akan diberikan ruang untuk berkarya.

“Kegiatan ini melibatkan banyak orang sehingga kita akan memperketat protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menghindari munculnya klaster baru,” ujarnya.

Diakuinya, kegiatan ini memberikan motovasi bagi kelompok budaya atau pelaku seni di Indonesia timur untuk tetap eksis di masa pandemi.

“Kegiatan ini dipusatkan di ruang serbaguna BPNB dengan penataan ruangan yang menarik, serta melibatkan musisi lokal Ambon,” kata Rusli. (Pewarta : Penina Fiolana Mayaut – Editor : Agus Salim)

Comment