by

BRI Ajak Pedagang Manfaatkan Web Pasar

Ambon, BKA- Akibat pandemi Covid-19 saat ini, banyak keluhan pedagang lantaran sepi pembeli. Mengatasi keluhan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ambon mengajak para pedagang untuk go digital dengan memanfaatkan Web Pasar agar dapat berjualan secara online.

Program Web Pasar ini sementara digagas oleh BRI. Web Pasar ini merupakan web khusus yang dapat menghubungkan para penjual dengan pembeli di pasar-pasar tradisional. Yang mengharuskan para penjual yang terdaftar dan bekerja sama dengan BRI Cabang Ambon.

“Melalui Web Pasar, pembeli tidak perlu ke pasar. Cukup membuka Web Pasar, disana tertera jenis pilihan barang yang akan dibeli oleh pembeli. Cukup klik, penjual dan pembeli akan terhubung ke Whatsapp. Selanjutnya proses negosiasi, pembayaran melalui rekening dan pengiriman barang,” terang Pimpinan Kantor BRI Cabang Ambon, Abdul Mu’in, kepada koran ini, Senin (22/6).

Menurutnya, dibutuhkam kerjasama baik dari pedagang maupun marketing BRI. Salah satunya memberikan pemahaman mengenai teknologi, yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penjualan dan meningkatkan pendapatan para pedagang itu sendiri.

Diakuinya, yang menjadi kendala adalah pemahaman teknologi. Sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara pedagang dengan tenaga marketing dari pihak BRI.

“Disatu sisi pedagang terbantu, karena menambah penjualan dan variasi pendapatannya. Sementara disisi lain pembeli yang merasa bahwa pasar memiliki risiko tinggi terjangkir virus, juga terbantu. Diseluruh kantor BRI unit telah melaksanakan program Web Pasar, dan masing-masing telah memiliki pedagang yang bersedia dan mampu menggunakan Web Pasar,” sebut dia.

Abdul berharap, dalam jangka panjang Web Pasar akan mengarah ke ekosistem digital baru yang semakin membantu masyarakat. Dan saat ini, sudah ada sekitar 40 pedagang yang tersebar di seluruh BRI unit di Ambon.

Dan Web Pasar ini, lanjut dia, sebagai salah satu upaya BRI dalam membantu para pedagang pasar untuk go digital. Sekaligus memperbesar omset harian pedagang.

“Harapannya dalam jangka panjang terbentuk ekosistem digital di pasar, yang memberikan kemudahan bagi seluruh kalangan. Pedagang mendapatkan keuntungan, pembeli pun mendapatkan kemudahan dari program Web Pasar. Mempercepat proses literasi dan akses keuangan bagi pedagang pasar,” harap dia. (KJH)

Comment