by

BST Dua Kecamatan di SBT Terblokir

Ambon, BKA- Sebanyak 315 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada dua kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), belum menerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Di Kecamatan Wakate terdapat 218 KPM yang belum menerima BST. Sedangkan di Kecamatan Teor terdapat 97 KPM yang belum menerima BST.

(Anggota DPRD SBT, Abdul Gafar Wara Wara)

Bantuan yang dikucurkan Kementerian Sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang bersumber dari APBN sebesar 1,8 juta per KPM untuk tiga bulan tersebut, rencananya akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia Cabang Bula kepada 315 KPM di dua kecamatan itu.

Namun sampai sekarang bantuan sosial itu belum juga tersalurkan. Kepala Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Bula, Hengky Lekahena, beralasan kalau vocer 315 KPM di dua kecamatan itu telah diblokir akibat keterlambatan penyaluran.

Keterlambatan penyaluran itu, katanya, disebabkan bukan karena masalah teknis. Namun lebih pada masalah kondisi alam. Karena akibat gelombang tinggi, membuat tidak ada transportasi yang melayani rute kedua kecamatan itu.

“Jadi untuk kecamatan Teor dan Wakate ini, kalau pembagian dia masuk dalam klaster tiga, sehingga dipertengahan bulan Juli, tanggal 15 kalau tidak salah, ketika kami mau melakukan pembayaran itu, vocernya tidak aktif. Kami sudah lapor ke Dinas Sosial untuk ditindaklanjuti ke Kementerian Sosial. Kalau untuk keterlibatan ini, karena saat ini gejolak alam lagi gelombang dan juga transportasi kesana susah,” jelas Lekahena.

Menanggapi hal itu, salah satu Anggota DPRD SBT, Abdul Gafar Wara Wara, berharap agar Dinas Sosial selaku dinas teknis agar dapat menindaklanjuti hal itu. Hal itu harus diseriusi karena menyangkut hak masyarakat.

Bahkan, Anggota Komisi C DPRD SBT itu meminta pihak Kepolisian dan Kejari SBT untuk mengusut dana BST yang belum disalurkan oleh PT Pos Indonesia Cabang Bula tersebut.

“Saya berharap masalah ini segera ditindaklanjuti Dinas Sosial. Kasihan masyarakat, disituasi pandemi Covid-19 ini, sangat sulit soal ekonominya. Pemerintah salurkan bantuan itu untuk meringankan beban mereka. Tapi sekarang malah bantuan itu tidak sampai ke mereka. Kalau sampai BST untuk masyarakat ini tidak disalurkan, atas nama rakyat, saya mendesak agar pihak Kepolisian dan Kejaksaan Negeri SBT untuk mengusut masalah ini,” tegasnya.(LAN)

Comment