by

Bupati SBT Harap Perhatian Pempus Soal Alkes

Ambon, BKA- Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, meminta perhatian pemerintah pusat (pempus) terkait penanganan Covid-19 di kabupaten yang dipimpinnya itu.

Memang hal itu telah dia sampaikan pada rapat koordinasi bersama Menko PMK, Menkes dan Kepala BNPB, lewat video conference pada 6 Juli lalu.

Saat itu, Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas, menyampaikan sejumlah poin. Diantaranya, meminta perhatian pemerintah pusat (pempus) terkait penanganan Covid-19 di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

Katanya, permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah yang ada di Provinsi Maluku maupun Maluku Utara terkait pengangan Covid-19, hampir sama.

“Kami harap ada perhatian dari pemerintah pusat. Karena masalah pandemi Covid-19 di Maluku dan Maluku Utara, hampir sama dengan daerah lainnya di Indonesia,” harap Keliobas, pada rapat koordinasi yang diikuti Gubernur Maluku, Gubernur Maluku Utara serta Bupati dan Walikota se-Maluku dan Maluku Utara itu.

Terkait alat kesehatan, Bupati Abdul Mukti Keliobas, juga meminta perhatian pemerintah pusat, dalam hal ini tim Covid-19 nasional, agar membantu pengadaan peralatan kesehatan di daerah.

“Ada beberapa Bupati dan Walikota dari Maluku dan Maluku Utara yang diminta menjelaskan tentang kondisi sesuai apa yang terjadi di daerah. Dan kita berharap, alat-alat kesehatan disiapkan di setiap daerah oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Walau begitu, katanya, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di tengah masyarakat, masyarakat sendiri jua yang paling menentukan. Caranya, meningkatkan kesedaran untuk patuh menjalankan protokoler kesehatan.

“Masyarakat harus ada kesadaran individu untuk mentaati protokol kesehatan, pakai masker saat keluar rumah, selalu cuci tangan dan jaga jarak fisik, ” imbuhnya.

Apapun yang dihimbau pemeritah, namun masyarakat tidak menyadari itu, maka hasilnya sama saja. “Terkait protokoler kesehatan sudah dijelaskan, bahwa harus diterapkan di mana-mana,” tandasnya.(LAN)

Comment