by

Cegah Banjir, Pemkot Diminta Bersihkan Drainase

Ambon, BKA- Di tengah pandemi Covid-19, Kota Ambon mulai memasuki musim penghujan. Untuk mengurangi dampak bencana banjir yang setiap tahun selalu terjadi, Pemerintah Kota Ambon diminta segera melakukan pembersihan terhadap seluruh drainase dari sampah.

Anggota DPRD Kota Ambon, Taha Abubakar mengatakan, sesuai informasi yang diperoleh dari BMKG, Kota Ambon dan sekitarnya mulai memasuki musim penghujan. Dimana musim hujan diprakirakan akan bertahan hingga bulan Oktober 2020 mendatang. Sehingga perlu ada langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi bencana banjir serta longsor di kota Ambon.

“Kita di Ambon ini sudah masuk musim penghujan, maka perlu langkah-langkah pencegahan yang dilakukan Pemerintah Kota mengantisipasi banjir maupun longsor. Salah satunya pembersihan terhadap seluruh drainase, sehingga dapat mengurangi dampak bencana banjir,” ungkap Taha, kepada wartawan di Balai Rakyat DPRD Ambon, Senin (4/5).

Ketua Fraksi Keadilan Persatuan (PKS-PPP) ini menilai, jika sebagian anggaran telah dialihkan untuk penanganan Covid-19 di kota Ambon, maka perlu disisihkan sebagian anggaran untuk melakukan pembersihan drainase hingga sungai-sungai dan lereng bukit dari sampah.

Sebab, banjir dan longsor juga merupakan bencana yang setiap tahun terjadi akibat musim penghujan. Maka perlu diantisipasi sebelum terjadi dan menimbulkan kerugian yang luar biasa, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

“Selain fokus terhadap penanganan Covid-19, Pemerintah Kota juga perlu lakukan pencegahan banjir dan longsor. Kalau memang rencana pengerukan sungai tidak berjalan baik, maka drainase perlu dibersihkan agar bebas dari sampah. Karena Ambon ini langganan banjir dan longsor setiap tahun,” tandasnya.

Ia berharap, di tengah situasi pencegahan Covid-19, Pemerintah Kota lewat dinas teknis bisa melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap bencana banjir dan longsor.

“Kita harap, minimal ada langkah pencegahan terhadap banjir dan longsor sebelum terjadi. Kalau bisa ada anggaran juga digunakan untuk itu. Dengan menggalakan pembersihan sampah pada seluruh drainase, sungai hingga lereng bukit,” harapnya.

Tempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Demmy Paais menambahkan, pihaknya telah melakukan himbauan kepada masyarakat terkait antisipasi bencana banjir dan longsor.

“Kita sudah lakukan himbauan kepada masyarakat terkait antisipasi banjir dan longsor. Karena Ambon kan sudah masuk musim penghujan. Kita sudah koordinasi dengan camat serta lurah untuk sampaikan himbauan tersebut kepada seluruh perangkat sampai ke warga untuk waspada,” ujarnya.

Disebutkan, untuk persoalan pengerukan drainase maupun sungai menjadi tangggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon serta pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku. (UPE)

Comment