by

Cegah Banjir, Warga Batu Merah Minta Pemdes Keruk Sungai

Ambon, BKA- Warga Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, meminta Pemerintah Desa melalui instansi terkait untuk mengeruk sebagai upaya antisipasi terjadinya banjir langganan disetiap musim hujan.

“Permukaan sungai sudah sangat dangkal, sehingga musim penghujan dengan intensitas lama maka air sungai meluap dan merendam ratusan rumah warga. Kiranya Pemerintah Desa bisa melihat dangkalnya sungai dan bisa dikeruk sedikit supaya bisa mencegah banjir,” tutur Karin Samil ketua RT 003/03 Desa Batu Merah.

Diakuinya, Desa Batu Merah sering disebut desa langganan banjir karena sering terjadi banjir jika musim penghujan. Diakui warga setempat, bukan hanya sampah, tapi dangkalnya permukaan sungai menjadi salah satu penyebab daerah ini sering tergenang air banjir.

“Dari desa waktu itu mengintruksikan untuk setiap RT agar bisa membersihkan lingkungan masing-masing, tapi selama masih ada covid-19 program itu terhenti. Ditambahkan, dangkalnya permukaan sungai serta sampah yang dibuang ke sungai, megakibatkan air sungai meluap hingga mengakibatkan banjir,” tambahnya.

Jika terjadi banjir lagi, sambungnya, warga berharap agar pemerintah harus memperhatikan kebutuhan warga korban banjir.

“Misalnya terjadi lagi banjir, kami warga hanya ingin di perhatikan kebutuhannya. Misalnya, mesin pompa air untuk membersihkan sampah dan lumpur sisah banjir. Selain itu yang kami butuhkan yaitu terpal untuk mengungsi sementara, ” harapnya Karin Samil.

Sedangkan untuk kelurahan Amatelu yang juga berada dekat dengan Desa Batu Merah, mengaku lebih fokus pada kebersihan lingkungan dan aliran air supaya, tidak tersumbat dan menghalangi jalannya air jika hujan. Sanksi pun di berikan bagi mereka yang membuang sampah sembarangan terutama di daerah sungai.

” Di sini warga setiap sabtu dan minggu mengadakan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan, selokan dan juga sungai. Selain itu peraturan juga di tegaskan supaya warga jangan membuang sampah di sungai. Jika kedapatan melanggar akan di laporkan untuk diberikan sanksi tegas. Hal ini di buat agar warga jera dan lebih memperhatikan sampah mereka.

Upaya lain yang di lakukan, yaitu pembuatan bak sampah bagi warga kami,” tutur Efendi Saleh selaku ketua RT 001/006 Kelurahan Amatelu. (MG-1)

Comment