by

Cegah Corona, Puskesmas Turun Sosialisasi

Ambon, BKA- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kota Ambon terus melakukan sosialisasi pencegahan dan penularan Covid 19 yang hingga saat ini masih mewabah di Kota Ambon.

Hal tersebut dilakukan, untuk menekan dan memutus mata rantai virus tersebut. Serta memastikan seluruh masyarakat paham terhadap pencegahannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, sosialisasi dilakukan oleh seluruh puskesmas pada masing-masing lingkungan wilayah puskesmas yang ada.

Bahkan sosialisasi juga dilakukan di pangkalan ojek hingga pasar, untuk memastikan masyarakat yang keluar rumah paham tentang pencegahan Covid-19.

“Petugas puskesmas baik dokter, perawat hingga kepala puskesmas turun ke wilayah kerja masing-masing melakukan sosialisasi secara bergilir. Di setiap desa, kelurahan maupun di pasar,” terang Wendy, kepada wartawan, Kamis (18/6).

Menurutnya, dari pembahasan di masyarakat dapat diketahui banyak yang belum paham terkait penularan dan pencegahan Covid-19.

Masyarakat yang ada di Ambon, sebutnya, masih menganggap Covid 19 adalah aib sehingga pasien yang terkonfirmasi, keluarganya dihindari.

Dengan begitu, secara otomatis membuat masyarakat banyak yang takut untuk melapor saat mempunyai gejala.

“Stigma yang terbentuk di masyarakat, covid itu aib. Orang hasil tes cepat reaktif adalah pasien covid 19, sehingga mereka dan keluarga dijauhi. Belum lagi terjadi penolakan saat tim datang dalam rangka melakukan tracking atau penelusuran pasien,” tuturnya.

Untuk itu, sosialisasi yang dilakukan sangat bermanfaat untuk memberikan pemahaman yang benar tentang covid 19 di masyarakat.

Pasalnya, sambung Wendy, dalam sosialisasi yang dilakukan ada pemahaman yang diberikan.

“Yakni jika masyarakat pernah berkontak dengan pasien positif, maka langkah apa yang harus dilakukan untuk menekan dan memutus mata rantai covid 19 dapat terwujud,” tukasnya.

Pihak puskesmas juga mengimbau masyarakat, misalnya yang memiliki gejala panas, batuk dan sebagainya untuk memeriksakan diri ke puskesmas. (DHT)

Comment