by

Corona Hambat Pembangunan Jalan Hutumuri

Ambon, BKA- Akibat pandemi Covid-19, pekerjaan hotmix pada jalan lingkar di negeri Hutumuri, kecamatan Leitisel belum dapat dilakukan. Pasalnya, seluruh anggaran infrastruktur telah dialihkan untuk penanganan Covid-19 di kota Ambon.
“Kondisi jalan masih sertu kasar. Pengerjaan hotmix terhambat dengan adanya covid-19. Mau gimana lagi, karena anggarannya telah di refocusing 50 persen untuk penanganan Covid-19,” ungkap Ketua Komisi III DPRD Kota Ambon, Johny Wattimena kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Senin (6/7).
Politisi Gerindra ini menilai, pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19 bukan atas inisiatif Dinas Pekerjaan Umum dan Penetaan Ruang (PUPR) kota Ambon. Akan tetapi, atas kebijakan Pemerintah Kota sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri maupun Menteri Keuangan.
“Jadi refocusing itu atas perintah Mendagri dan Menkeu. Makanya, pekerjaan jalan Hutumuri jadi terhambat,” sebutnya.

Wattimena akui, selain penyelesaian hotmix, pembangunan fasilitas lain seperti gorong-gorong dan jembatan di kawasan itu juga terhambat.

“Kita nanti akan bahas di APBD Perubahan. Kita dorong sedikit anggaran untuk pembuatan gorong-gorong. Karena hujan belakangan ini menyebabkan warga sekitar merasa cemas,” imbuh dia.

Sementara untuk pekerjaan jembatan dan fasilitas lain, lanjut dia, akan diupayakan masuk pada APBD 2021 mendatang. Dimana Komisi III selaku mitra akan turut mendorong pemerintah agar pekerjaan tersebut dapat terlaksana. Sehingga tidak lagi menyulitkan warga sekitar.

“Seluruhnya kita dorong di APBD 2021. Karena kalau dengan anggaran sisa yang ada, bakal tidak cukup,” tutup Wattimena. (UPE)

Comment