by

Covid-19 di MBD Masih Nihil

Ambon, BKA- Laporan perkembangan kasus Cocid-19 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) per tanggal 5 Mei 2020, masih nihil. Mulai dari status Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hingga positif.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas (Gustu) MBD, Benyamin Th. Noach, dalam laporannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan Covid-19 di Provinsi Maluku bersama Ketua Pelaksana Harian Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Promal, Kasrul Selang, bersama Ketua Gustu Kabupaten MBD, Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Aru dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), melalui video conference, pekan kemarin.

Kata Noach, kabupaten bertajuk kalwedo ini masih aman dari penyebaran penyakit mematikan itu. Namun bukan berarti, pihak pemerintah akan tinggal diam dan tidak ada langkah untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit yang terus mewabah ini.

“MBD memang masih aman dengan status ODP, PDP dan Positif, karena terkonfirmasi nol. Tapi itu bukan lalu kita tidak lakukan pencegahan. Upaya terus kita lakukan, hingga sampai ketingkat desa. Diantaranya, penyemprotan disinfektan, pembentukan gugus tugas kecamatan dan desa, realokasi dan refocusing anggaran, penggunaan dana desa untuk penanganan Covid-19 di desa, penyediaan tempat isolasi mandiri, penyediaan tempat cuci tangan di ruang publik, pembagian masker pada masyarakat yang kurang mampu,” ungkap Noach.

Lanjutnya, pihaknya terus berupaya agar MBD bukan saja terbebas saat ini, tapi sampai dengan selesainya wabah virus tersebut. MBD harus tetap nihil. Karena itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan secara maksimal.

“Itu yang kita harapkan dari upaya pencegahan yang kita lakukan. Sehingga protokoler kesehatan terus kita sampaikan kepada masyarakat, agar mereka bisa turuti anjuran yang ada,” terang Noach.

Pihaknya bersyukur, karena bukan saja Gustu MBD yang terus melakukan pencegahan, tetapi semua pihak turut membantu dan berkerja sama, hingga kabupaten yang masih berusia 11 tahun tersebut saat ini masih tetap aman dari penyebaran Covid-19.

“Terima kasih. Saya sampaikan kepada para pejabat dan ASN serta para pengusaha, yang turut membantu kami, Gustu MBD. Baik lewat donasi untuk pembelian masker kepada masyarakat yang kurang mampu maupun bantuan lainya, untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. Semoga kita tetap bekerja sama untuk jaga MBD dari penyebaran virus ini,” pungkas Noach. (LAM)

Comment