by

Covid-19 Turut Pengaruhi PPDB

Ambon, BKA- Kepala SMP Muhammadiyah Ambon, Ardon Jamdin, mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini turut dipengaruhi oleh adanya penyebaran Covid-19.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB dilakukan dalam situasi dan kondisi normal. Semua terasa mudah untuk dilakukan, termasuk upaya sosialisasi dan promosi sekolah.

“Sebelumnya itu, banyak siswa baru. Tapi bisa saja di tahun ini berkurang, karena sebagian masyarakat memilih pulang kampung untuk menyekolahkan anak mereka disana, akibat dari kepanjangan penyebaran virus ini,” ungkap Jamdin, Kamis (2/7).

Namun dengan kondisi Covid-19 saat ini, katanya, akan sangat berpengaruh bagi penerapan PPDB sistem zonasi di setiap sekolah. Ada kemungkinan, sekolah tidak konsisten dalam penerapan sistem itu.

Seba, lanjutnya, semua sekolah menginginkan adanya jumlah siswa yang banyak. Sehingga segala upaya akan dilakukan, termasuk kemungkinan tidak menerapkan sistem zonasi pada PPDB.

“Ada orangtua yang memilih sekolah-sekolah besar untuk masukan anaknya, meskipun tidak di zonasi. Ya kalau sudah seperti begitu, kita mau seperti apa lagi. Kita konsisten, tapi kalau sekolah lain tidak konsisten dengan apa yang diturunkan, ya percuma. Kita harus bisa menerima itu sebagai tantangan untuk kedepannya bisa jadi yang lebih baik, agar menarik minat masyarakat,” ungkapnya.

Sesuai dengan peraturan, PPDB tahun ini dilakukan secara online dan offline. Sehingga proses pendaftaran berkas awal dilangsungkan secara daring. Namun, pihak orangtua siswa masih diperbolehkan datang ke sekolah, jika kesulitan mengakses situs resmi PPDB secara offline.

“Jadi selain online, ada tahapan lainnya yang mengharuskan orangtua siswa datang ke sekolah,.jika dalam proses pendaftaran mengalami kendala atau tidak memiliki fasilitas online. Bisa datang daftar di sekolah langsung,” tutur Jamdin.

Dengan sistem daring maupun manual ini, diharapkan proses PPDB masih bisa berjalan lancar, tanpa menambah resiko terinfeksi Covid-19.

“Dengan adanya pengaruh akibat Covid-19 ini, kita perlu lebih maksimal dalam menyiapkan PPDB, agar tidak menambah pengaruh bagi kita. Semoga semuanya berjalan lancar, lewat sistem dan koordinasi yang baik,” pungkasnya. (LAM)

Comment