by

DAK Pembangunan Septictank Ditunda

Ambon, BKA- Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang direncanakan untuk pembangunan septic tank atau tangki septik, ditunda oleh Pemerintah Pusat. Hal tersebut merupakan dampak dari merebaknya wabah Covid-19 di Kota Ambon.

Kasubag Perencanaan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Ambon, Ivone Latuputty menyebutkan, bantuan DAK tersebut berjumlah sebanyak 8 miliar yang tak hanya ditujukan untuk septik tank saja, melainkan untuk program lainnya pada dinasnya.

Karena adanya pandemi covid 19, membuat pencairan dana tersebut masih ditunda dan tidak dapat dilakukan. Sehingga rencana untuk pembangunan septic tank yang telah diprogramkan oleh pihaknya, secara otomatis ditunda karena belum ada dana yang masuk untuk program tersebut.

“DAK sekitar 8 miliar harus dipending, yaitu 4 miliar untuk sanitasi bagi pembangunan septictank. Lalu 3 miliar sekian untuk pembangunan perumahan pada 5 kecamatan pada 15 kawasan kumuh di Kota Ambon,” terang Ivon, kepada wartawan, Jumat (3/7).

Ia mengungkapkan, penundaan tersebut diketahui karena adanya surat dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI yang menyatakan bahwa semua kegiatan DAK untuk sementara ini tidak dijalankan.

“Belum jalan karena ada virus corona. Karena ada surat dari Kementerian Keuangan untuk semua kegiatan DAK itu dipending,” bebernya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena DAK tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Dan saat ini Pemerintah Kota sedang berkonsentrasi untuk menyelesaikan masalah pandemi covid 19.

Pihaknya akan menunggu instruksi selanjutnya dari Pemerintah Pusat untuk nantinya kembali menjalankan proses DAK selanjutnya. “Kita nanti tunggu surat berikutnya dari Kementerian Keuangan baru kita proses,” tambahnya. (DHT)

Comment