by

Damkar Minta Masyarakat Jaga Hutan

Ambon, BKA- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, meminta masyarakat untuk tetap menjaga kawasan hutan dengan baik, walaupun musim kemarau sebelumnya sudah berlalu. Karena hutan yang tidak dijaga dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya kebakaran.

“Kita tetap himbau kepada masyarakat, kalau misalnya ada aktivitas di hutan, kalau pulang harus dipadamkan apinya. Berikut puntung rokok, pastikan sudah benar-benar mati baru buang. Dan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan harus dapat menjaga kawasan hutan,” imbau Kabid Pencegahan, Peningkatan Kapasitas SDM dan Sarpas, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelematan Kota Ambon, Al Tanahitumessing, kepada koran ini, Selasa (12/5).

Dia mengaku, sejauh ini belum ada peristiwa kebakaran karena Kota Ambon saat ini sudah masuk musim penghujan. “Kalau kebakaran hutan belum ada karena ada hujan, sejauh ini masih aman. Hanya kebakaran rumah dan gedung saja,” tuturnya.

Karena itu kata dia, masyarakat harus bisa menjaga kawasan hutan terutama bagi masyarakat yang tinggal berdekatan dengan kawasan hutan. Mengingat tak hanya untuk kebakaran saja, melainkan hutan yang tandus juga berpengaruh terhadap sumber air bersih di Kota Ambon.

“Untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan, harus menjaga kawasan hutan. Kita perlu menjaga hutan, sebab kalau rusak berdampak pada masalah kekeringan. Karena kalau masih ada hujan tidak menjadi soal, tapi kalau sama sekali tidak hujan itu masalahnya,” terangnya.

Disebutkan, saat ini banyak terjadi krisis air bersih bagi masyarakat terutama yang tinggal di kawasan Sirimau. Untuk itu masyarakat harus lebih sadar akan kondisi yang terjadi maupun yang akan datang.

“Karena itu masyarakat harus menjaga hutan, karena jika tidak dalam 10 tahun ke depan Kota Ambon bisa mengalami krisis air,” beber dia.

Hal tersebut dengan sendirinya akan memberikan dampak negatif bagi masyarakat di Kota Ambon. Dengan begitu, masyarakat di sekitar kawasan hutan harus lebih waspada baik menghindari kebakaran hutan maupun pengurangan debit air terhadap sumber air.

“Sesuai dengan pernyataan dari Kepala PDAM Kota Ambon, bahwa 10 tahun ke depan Ambon bisa kekurangan air,” pungkasnya. (DHT)

Comment