by

Dana Bantuan Mahasiswa Aru Terhambat, Ini Penyebabnya

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru belum melakukan pencairan dana bantuan Corona Virus Disease (COVID-19), bagi mahasiswa asal kabupaten tersebut yang tengah menempuh pendidikan di sejumlah daerah.

Alasan belum dicairkan dana bantuan itu, lantaran belum ada dasar hukum sebagai acuan dikeluarkannya Peraturan Bupati.

“Jadi keterlambatan realisasinya dana itu karena Pemda masih menunggu vasilitasi dari Provinsi, barulah Bupati bisa menjabarkan apa saja yang menjadi dasar dalam draf peraturan Bupati nantinya. Jadi harus ada dasar hukumnya, baru bisa dan itu cair,” ungkap Kabag Humas dan Protokoler Setda, Erens Pieter Kalorbobir, kepada awak media, Minggu (21/6).

Selain itu, lanjut dia, APBD Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru juga sementara mengalami refocusing anggaran sebesar 50 persen. “Hal ini juga berpengaruh terhadap realisasi bantuan tersebut,” ujar pria jebolan STPDN itu.

Walaupun ada kendala, namun dia optimis kalau bantuan itu akan segera direalisasikan dan akan diterima oleh mahasiswa yang sementara studi di luar daerah, yang saat ini tidak bisa pulang kampung karena terhalang pandemi Covid-19.

“Jadi dana ini akan tetap cair. Untuk itu, saya harap kita bersabar. Verifikasi data adik-adik mahasiswa akan dipublikasikan secara transparan, baik di media masa maupun medsos, sehingga tidak ada pemikiran yang negatif terhadap pemerintah,” katanya.

Sedangkan bagi mahasiswa yang berada di Kota Dobo (telah pulang), mereka tidak termasuk dalam daftar penerima bantuan tersebut. Karena bantuan hanya diberikan bagi mahasiswa yang tidak dapat pulang karena kondisi Covid-19.

Sehingga dia berharap, masyarakat maupun mahasiswa dapat memahami kondisi sekarang. “Saya mau bilang, bahwa adik-adik mahsiswa yang sudah pulang tidak mendapat bantuan. Bantuan hanya di peruntukan bagi mahasiswa terdampak Covid-19. Dananya akan di transfer ke ketua paguyuban/kordinator wilayah masing-masing. Selanjutnya, dari kordinator akan mempertangungjawaban realisasinya, apakah sudah diberikan ke masing-masing atau belum,” pungkasnya.(WAL)

Comment