by

Dana BOS Afirmasi Dan Kinerja Sangat Membantu

Ambon, BKA- Kepala SMA Kristen Passo, Adriana Tatipata, mengatakan, kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, untuk memberikan dana BOS Afirmasi dan Kinerja kepada sekolah swasta, akan sangat membantu.

Pasalnya, kebijakan yang diatur dalam Permendikbud Nomor 24 tahun 2020, tentang dana BOS afirmasi dan kinerja, jelas mengatur bahwa bukan hanya sekolah negeri saja yang bisa mendapatkan dana tersebut, tapi juga sekolah swasta.

“Kita sangat mengapresiasi kabijakan pak Menteri. Karena dengan kebijakan yang telah diambil, sekolah swasta sudah bisa terbantu. Khususnya dalam menghadapi dampak Covid -19 saat ini,” ungkap Tatipata, Minggu (28/6).

Meski saat ini, telah diputuskan kalau sekolah negeri dan swasta akan menerima bantuan dana tersebut. Namun, katanya, harus sesuaikan dengan sejumlah persyaratan, sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan pengganti Permendikbud Nomor 31.

Bahwa, lanjut dia, sekolah yang bersangkutan harus berada di daerah khusus, yakni, daerah terpencil atau terbelakang, atau berada di daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, atau berada di daerah perbatasan dengan negara lain, atau terletak di daerah yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau dalam keadaan darurat lain. Sedangkan persyaratan lain, yakni, sekolah penerima dana BOS afirmasi dan kinerja harus merupakan penerima dana BOS reguler tahun anggaran berjalan.

“Karena itu, sebagai sekolah swasta dengan jumlah siswa sedikit dan lebih banyak siswa miskin seperti SMA Kristen Passo, muda-mudahan, kebijakan menteri dimasa Covid-19 ini, dapat membantu kami dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik,” ujarnya.

Dia berharap, sekolah yang dipimpinnya tersebut bisa mendapatkan bantuan pemerintah itu. Sebab untuk meningkatkan kualitas pendidikan, tidak cukup hanya dengan dana BOS regular, karena diberikan berdasarkan jumlah siswa.

“Kalau jumlah siswa sedikit, kan pasti anggaran yang diterima juga sedikit. Sangat berbeda jauh dengan sekolah lainnya, yang jumlah siswanya ratusan. Karena itu, harapannya, semoga sekolah kami dapat bantuan ini,” pungkasnya. (LAM)

Comment