by

Dana BOS Prioritaskan Buku LKS Untuk Siswa Belajar Luring

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri Teladan, E. Likumahua, mengungkapkan, dalam penggunaan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan II, pihknya lebih memprioritaskan penggunaannya untuk pengadaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS), untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara Luring.

Hal itu, katanya, lebih efektif dibanding memberikan bantuan pulsa dan pulsa data kepada siswa. Karena hampir sebagian besar anak-anak didiknya belum memiliki Hp andorid.

“Untuk itu, saya sudah ambil kebijakan untuk pencairan dana BOS triwulan II di Bulan Mei kemarin, untuk pengadaan buku LKS tema 1 sampai 5,” ungkap Likumahua, Senin (10/8).

Terkait kebijakan itu, terangnya, otomatis penggunaan anggaran BOS triwulan II, tidak cukup lagi untuk pembelian pulsa data bagi siswa dan guru.

Jika siswa dan orangtua masih terus berharap bantuan pulsa atau pulsa data dari sekolah, maka akan diupayakan pada pencairan dana BOS triwulan III pada Agustus mendatang.

“Saya harus sampaikan itu, karena bisa saja sekolah disalahkan, sebab tidak bantu siswa lewat dana BOS sebagaimana aturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Menurut saya, apa yang diharapkan pemerintah itu baik, tapi apakah dengan hanya 3 atau 4 siswa yang miliki Hp android, kita harus bantu belikan pulsa. Padahal ada sekian banyak siswa yang butuhkan bantuan dalam bentuk yang lain, karena tidak punya fasilitas Daring. Boleh saja kita bantu siswa untuk anggaran berikutnya, tapi dengan catatan, semua siswa harus punya Hp android dulu. Kalau tidak, maka lebih baik dan efektif, kita pengadaan buku LKS untuk belajar Luring saja,” paparnya.

Demi kebaikan siswa, katanya, dia akan terus mengambil kebijakan yang dapat membantu. Asalkan dari segi fasilitas, siswa juga mampu menunjang. Dalam hal ini, memiliki Hp android.

Dikatakannya, kebijakan yang diambilnya ditengah pandemi ini tidak semata-mata untuk menuntut para siswa tuntaskan kurikulum. Melainkan hanya untuk memastikan anak-anak didiknya tetap mengikuti proses belajar dengan baik

“Itu sebabnya, kita sudah ambil kebijakan untuk pentingkan kesehatan siswa dengan pengadaan peralatan kesehatan dan pengadaan buku LKS untuk mereka belajar di rumah. Karena Kota Ambon masih PSBB, jadi tidak bisa bertemu dengan siswa. Semoga apa yang kita bijaki ini bisa membantu para siswa,” pungkasnya. (LAM)

Comment