by

Dana Desa Prioritas Kembangkan Potensi Warga Batu Merah

Keseriusan Pemerintah Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Provinsi Maluku terus berupaya meningkatkan potensi desa, melalui pemanfaatan dana desa.
Sekretaris Desa Batu Merah, M Arlis Lisaholet, mengatakan, setiap tahunnya desa Batu Merah menampung setiap aspirasi masyarakat untuk di jadikan program yang kemudian di sesuaikan dengan anggaran desa, yakni dana desa untuk selanjutnya akan dikembangkan.
“Banyak program yang sudah di rancang untuk pemanfaatan dana desa. Hanya saja terkendala covid-19 membuat pelaksanaan program masih ditunda. Program yang kita laksanakan itu pada prinsipnya terbagi atas beberapa bidang.yang pertama bidang pemerintahan kemudian bidang pembangunan, bidang pemberdayaan, bidang pembinaan dan bidang kelima yaitu perencanaan. Jadi semua kegiatan yang di jalankan berbasis lima bidang ini, dalam perencanaan tahun angaraan biasa kita buat musrenbang untuk menyerap aspirasi dan masukan sesuai dengan kebutuhan warga. Dimulai dari tingkat RT lalu di teruskan aspirasinya ke tingkat desa,” katanya, di Ambon, Rabu(1/7).
Setiap potensi warga akan di tampung lalu di kelompokkan sesuai dengan jenisnya. Pemerintah Desa akan membantu mengembangkan kelompok itu melalui pemberian modal.
“Semua aspirasi warga akan di tampung lalu di kelola melihat sesuai dengan anggaran yang ada. Aspirasi yang menjadi skala prioritas akan diangkat lalu di kembangkan pemerintah desa,” ujarnya.
Dirinya juga mengaku, pandemi covid-19 sangat berdampak bagi rencana program yang direncanakan. Dimana program yang akan di laksanakan tahun ini, dananya dialokasikan menjadi dana bantuan covid-19.
“Banyak kegiatan tahun ini yang terpaksa kita tunda karena penyerapan dana tersebut kita alokasikan untuk penanganan covid. Untuk pembangunan tahun ini ada pembangunan posyandu, pembangunan lanjutan stadiun bola dan pemberdayaan kelompok kuliner. Untuk kuliner sendiri biasanya kita memberikan pelatihan dan bantuan untuk bahan dan alat,” sebutnya.
Pemerintah Desa Batu Merah berharap bahwa warga bisa melihat kinerja yang di lakukan selama ini demi kebaikan bersama sehingga perlu dukungan penuh dari masyarakat.
“Kita hanya berharap bahwa semua program desa bisa dilaksanakan. Kami juga berharap bahwa warga peka terhadap program kita, sehingga bisa memberi kritikan atau pun saran agar bisa menjadi tolak ukur perubahan sistem kedepannya. semoga masyarakat bisa merasakan manfaat dari program yang kami lakukan,” harapnya. (MG-1/MG-2)

Comment