by

Dana Desa Tak Masuk Kas Daerah

Ambon, BKA- Dana Desa (DD) saat ini tidak lagi ditransfer dari rekening negara ke rekening daerah seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan Plh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon, Apries Gaspersz, saat dihubungi koran ini, Minggu (12/7).

Menurutnya, sesuai dengan aturan terbaru dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dana desa tidak lagi di transfer ke rekening kas daerah tetapi langsung ditransfer ke rekening desa masing-masing. Dengan begitu pihaknya tidak lagi mengurus soal dana desa maupun alokasi dana desa (ADD) dari 30 desa/negeri yang ada di Kota Ambon.

Dan ini telah diambil langsung oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Masyarakat dan Desa (DP3AMD) Kota Ambon, selaku instansi terkait.

“Dana desa sekarang tidak masuk ke kas daerah. Dari KPPN langsung ke desa. Jadi lebih baik ke dinas P3MD,” tuturnya.

Dikatakan, untuk penyaluran dana desa langsung ke desa mulai diberlakukan sejak tahun ini. Karena didi tahun sebelumnya, dana desa masih masuk ke kas daerah, dan ditransfer dari kas daerah ke masing-masing rekening desa yang ada di Kota Ambon.

Dana desa sendiri, diberikan oleh pemerintah pusat untuk pengembangan desa yang ada di setiap daerah. Di Kota Ambon ada 30 desa/negeri yang mendapatkan kucuran dana tersebut. Dimana masing-masing desa negeri akan mendapatkan dana desa selama 3 tahap.

Dan DP3AMD mempunyai tugas untuk memasukkan berkas-berkas administrasi dari desa kepada pihaknya untuk dapat disalurkan ke rekening dari desa tersebut. Namun dengan adanya aturan baru tentang transfer dari kementerian keuangan tersebut, pihaknya sudah tidak lagi bertanggung jawab terhadap penyaluran dari dana desa seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Itu sesuai aturan baru. Tahun lalu saja yang masuk ke kas daerah dan itu aturan transfer peraturan mentri keuangan,” ujarnya.

Sementara untuk kelengkapan administrasi sendiri, setiap desa wajib memasukan realisasi dari pengelolaan dana desa tahap sebelumnya ataupun tahun sebelumnya. Untuk nantinya dapat dicairkan dana desa lewat rekening yang ada.

Sehingga pihaknya dapat menyalurkan sesuai dengan kelengkapan administrasi yang dimasukkan oleh dinas terkait. “Dengan adanya aturan baru itu, dinas terkait yang mengurus semuanya tanpa meminta lagi ke kas daerah,” pungkas Gaspersz. (DHT).

Comment